Diseminasi Hasil Karya Ilmiah Guru SMANTISA

Foto : Novembri Agus Hariyanto, S.Pd sedang menyampaikan hasil penelitian BK 

Pandemi Covid-19 menyebabkan berubahnya wajah pendidikan di Indonesia, tidak terkecuali di SMA Negeri 3 Salatiga. Hal tersebut terlihat dari praktik pembelajaran, dari pembelajaran langsung melalui tatap muka di kelas, menjadi pembelajaran jarak jauh  yang memisahkan peserta didik dengan guru secara ruang dan waktu. Dalam konteks situasi pembelajaran jarak jauh tentunya integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran menjadi hal yang sangat penting. TIK digunakan untuk komunikasi antara guru dengan peserta didik, serta menjembatani peserta didik dengan materi pembelajaran.

Foto : Agus Widiyanto, S.Pd menyampaikan karya pembelajaran Bahasa Indonesia

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini tentunya ada berbagai kendala yang dirasakan. Berdasarkan hasil laporan evaluasi pembelajaran daring kendala tersebut diantaranya karena peserta didik merasa bosan belajar mandiri di rumah, satu dua anak sering lupa jadwal sehingga tertinggal kelas daring, serta kurang termotivasi karena tidak memiliki teman belajar, sehingga sangat mungkin terjadi penurunan prestasi belajar peserta didik. 

Baca juga : Musyawarah Guru Mata Pelajaran SMA Negeri 3 Salatiga

Keadaan tersebut tentunya menjadi perhatian besar bagi bapak ibu guru SMA Negeri 3 Salatiga. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut diantaranya dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai  upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Salatiga yang berintegrasi dengan TIK.

Diharapkan bapak ibu guru SMA Negeri 3 Salatiga senantiasa terus menjaga semangat berkarya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran di SMA Negeri 3 Salatiga.

Adapun berbagai karya Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan,  disampaikan dalam Kegiatan Diseminasi Hasil Karya Ilmiah Guru SMA Negeri Salatiga, yang diselenggarakan pada hari Rabu, 4  November 2020 Di Ruang Multimedia mulai pukul 08.30 WIB, acara diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid 19 secara ketat.

Acara diseminasi dihadiri oleh bapak ibu guru SMA Negeri 3 Salatiga serta perwakilan dari berbagai sekolah lain. Acara dibuka oleh Dra. Hj. Yuliati Eko Atmojo, M.Pd  selaku Kepala Sekolah dilanjutkan dengan pemaparan hasil PTK, sesi tanya jawab dan juga kesan pesan. Acara diakhiri dengan serah terima secara simbolis Laporan PTK kepada pihak sekolah dan ditutup dengan sesi berfoto bersama.



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar