Manfaat Mengikuti Upacara yang Perlu Diketahui

 

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit dari kita yang mengerti manfaat mengikuti upacara bendera itu sendiri.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 menjelaskan bahwa upacara bendera merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Artinya upacara mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik. 

Bagaimana ya cara mempersiapkan diri mengikuti upacara? Berikut langkah-langkah mempersiapkan diri untuk upacara.

Jangan Lupa Sarapan
Sebelum ikut melaksanakan upacara, kita perlu sarapan terlebih dahulu karena upacara akan berlangsung dibawah terik matahari dan dilakukan selama kurang lebih 1 jam. Tentu kita tidak mau  pusing atau dehidrasi kan? Langkah ini sangat penting bagi kita. Pastikan menyantap sarapan bergizi yang kaya akan protein dan mineral. Selain itu kita juga harus menambahkan porsi karbohidrat dalam sarapan, bisa berupa nasi ataupun roti gandum. Untuk melengkapi sarapan kita juga bisa menambahkan susu.

Baca juga :  Pemilu 2020, Warga Sekolah Diimbau Gunakan Hak Pilih

Menyiapkan Atribut 
Tidak hanya pembekalan fisik saja yang harus diperhatikan, namun juga seragam sekolah. Siapkan seragam sehari sebelum melaksanakan upacara. Untuk itu kita harus menyiapkan seragam dengan cara menyetrika dengan rapi agar nyaman memakainya selama upacara. Jangan lupa pula menyiapkan atribut lainnya seperti dasi, topi, kaos kaki, dan sepatu hitam ya.

Mengenal Tradisi Upacara
Sangat penting untuk mengenal lagu kebangsaan, karena selain pengibaran bendera, di setiap upacara ada sesi menyanyikan lagu kebangsaan. Untuk itu, sebelum upacara, mulailah mengenal lagu - lagu nasionalisme. Tujuannya agar dapat ikut serta menyanyikan lagu kebangsaan pada saat upacara. Lebih bagus lagi, jika kita juga mengerti makna dibalik lagu kebangsaan. So, banyak - banyak cari referensi ya!

Menanamkan Sikap Nasionalisme
Dijamin setelah upacara usai, kita biasanya akan merasa gembira. Langkah berikutnya adalah menanamkan sikap nasionalisme untuk menghindarkan diri kita dari pengaruh negatif globalisasi.

Bagaimana, masih mau bolos tidak ikut upacara sekolah?

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar