Smantisa Library Club Dikukuhkan


Klub pecinta perpustakaan SMA Negeri 3 Salatiga tahun 2021 yang tergabung dalam Smantisa Library Club dikukuhkan pada Jumat pagi, 24 Desember 2021 di Aula Smantisa. Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin oleh Drs. Takarina kepada tiga orang pengurus klub dan diikuti oleh anggota klub. Tugas mereka nantinya adalah ikut mempromosikan perpustakaan Libsmatisa bersama duta perpustakaan yang baru saja terpilih.
Sementara itu Maylani Tasqia Hidayatun Fiqri dan Taqiyuddin Husein Al Faruqi (XI IPS 4) dinobatkan sebagai duta perpustakaan tahun 2021/2022. Penobatan keduanya ditandai dengan pengalungan selempang duta perpustakaan oleh duta perpustakaan periode sebelumnya.
Saat dimintai tanggapannya, Maylani yang saat ini duduk di kelas XI MIPA 2 mengatakan bahwa untuk mempromosikan Libsmantisa dan kegiatan literasi di SMA 3 dirinya akan berusaha untuk menggalakkan kembali kegiatan membaca buku teman-temannya setiap pagi sebelum pelajaran.
“Saya akan ikut berusaha menggalakkan kegiatan literasi di lingkungan sekolah dengan mengajak teman-teman untuk membaca buku 30 menit atau kurang dari 30 menit tiap pagi sebelum pelajaran dimulai,” tuturnya.
Sementara Taqiyudin Husein yang tercatat duduk di bangku kelas XI IPS 4 mengatakan bahwa untuk mempromosiikan Libsmantisa, dirinya akan mengoptimalkan media sosial yang ada.
“Kalau untuk berkolaborasi dengan smantisa library club saya belum ada rencana. Tapi untuk ikut mempromosikan Libsmantisa, saya akan menggunakan media-media sosial yang ada,” katanya.
Perlu diketahui, pengukuhan Smantisa Library Club ini bersamaan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba pojok literasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Libsamntisa beberapa waktu yang lalu. Pemberian hadiah diberikan kepada masing-masing tingkat. Untuk Kelas X sebagai juara I dimenangkan oleh X MIPA 1, kelas XI oleh XI MIPA 5, dan kelas XII oleh XII MIPA 2 (selengkapnya lihat tabel).
Para pemenang selain mendapat tropi dari sponsor Lazismu Kota Salatiga dan bingkisan dari perpustakaan, juga mendapat voucher makan gratis dari café-nya Agus Mulandono yang juga merupakan tenaga perpustakaan SMA 3.
Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Dian Indri Hartani, S.Sos., M.Pd. mengatakan, kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh perpustakaan Libsmantisa ini tetap harus dilaksanakan meski di tengah pandemi.
Tampak hadir dalam penyerahan hadiah lomba perpustakaan Libsmantisa, dewan juri yang terdiri dari Pustakawan IAIN Salatiga Dr. Wiji Suwarno dan Ivonila Yeniati, serta Dra. Takarina yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Libsmantisa. Juga hadir perwakilan Lazismu Salatiga, seluruh Wakil Kepala Sekolah dan walikelas yang siswanya berhasil memenangkan lomba perpustakaan, dan Ketua OSIS.
Berikut daftar pemenang Lomba Pojok Literasi 2021 masing-masing tingkat:
JUARA KELAS NILAI
1 X MIPA 1 294
2 X MIPA 3 273
3 X MIPA 5 258
1 XI MIPA 5 289
2 XI IPS 4 277
3 XI MIPA 1 269
1 XII MIPA 2 292
2 XII MIPA 1 273

3 XII IPS 3 2231 

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulillah...
    Terima kasih sekali semuanya...
    Semoga sukses selalu....

    BalasHapus