Drs. Suyitno, M.Pd.: Ada 4 Tujuan SMA 3 Salatiga di Tahun 2022

Menatap tahun 2022, di bawah kendali Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd., SMA Negeri 3 Salatiga mempunyai 4 tujuan yang akan dicapai. Demikian dikatakannya saat memberikan pembinaan di Ruang Guru SMA 3 Salatiga pada Senin pagi (31/1). Ini merupakan pembinaan perdana yang dilakukan sejak dirinya secara resmi diangkat sebagai kepala sekolah definitif pada awal Januari ini.

"Tujuan sekolah yang akan kita capai ke depan, di tahun 2022 berdasarkan musyawarah dengan staf beberapa waktu yang lalu ada empat," katanya.
Keempat tujuan itu adalah program SKS, Kelas khusus olah raga (KKO), program Adiwiyata, dan peningkatan peran perpustakaan sekolah.
"Sudah lama SMA 3 berbasis SKS, namun sampai saat ini pola SKS belum tampak. Oleh karena itu, nanti kaitannya dengan SKS yang akan disampaikan oleh penanggung jawab Dra. Kristin Yulianti, N.Pd. dapat disikapi sebagai kebijakan sekolah," tegasnya ketika memaparkan program SKS.
Dipesankannya agar program SKS dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.
"Intinya," tegasnya, "adalah UKM. Sehingga siswa dapat menyelesaikan waktu belajarnya maksimal 4 tahun dan paling cepat 2 tahun."

Kaitannya dengan kelas KKO dikatakan kepala sekolah yang sebelumnya ditunjuk sebagai pelaksana tugas kepala sekolah ini bahwa KKO sebagai bentuk sistem belajar yang berbeda dengan kelas lain karena ia berbasis olah raga.

Kelas KKO harus dikelola dengan baik sehingga siswanya jangan malah menjadi korban. Artinya, siswa yang berprestasi di bidang olah raga tapi tidak dapat berprestasi saat di SMA 3. Karena itu, perekrutan kelas KKO akan dipilih berdasarkan olah raga individual.
"Ke depan akan dipilih calon siswa KKO berdasarkan individual. Bukan olah raga klasikal atau kelompok."
Agar warga sekolah kerasan

Saat menjelaskan program sekolah Adiwiyata, kepala sekolah mengatakan bahwa dirinya sudah menunjuk Dian Indri Hartani, S.Sos., M.Pd. sebagai penanggung jawab untuk membentuk team Adiwiyata. Dengan begitu, diharapkan dapat menata lingkungan sekolah yang membuat warga sekolah merasa nyaman dan kerasan di lingkungan SMA 3.


Sementara itu, untuk meningkatkan peran dan pelayanan perpustakaan sekolah, direncanakan perpustakaan SMA 3 yang pernah maju lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional ini akan ditata ulang. Tujuannya agar Libsmantisa menjadi lebih baik. Karenanya, wajah perpustakaan Libsmantisa akan dipindah di depan sehingga ruang kelas sebelah utara perpustakaan yang selama ini digunakan sebagai ruang kelas XII IPS 3 akan digabung menjadi ruang induk perpustakaan dan menjadi pintu masuk ke ruang Libsmantisa. Sedangkan lokasi ruang kelas akan dipindah ke laboratorium kimia.

Selain menjelaskan keempat target SMA 3 Salatiga ke depan, Kepala Sekolah yang akan purna di tahun 2024 ini juga menegaskan pentingnya SMA 3 meningkatkan peringkatnya baik di tingkat provinsi maupun nasional. Caranya, mengawal kuota 40 persen siswa yang berhak masuk PTN melalui jalur SNMPTN maupun dari hasil UTBK.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar