Wow Keren, Siswa Smantisa Ikut Kompetisi Robotik Nasional

Membanggakan. Itulah barangkali ungkapan yang pas untuk kedua cowok ini. Ya, dialah Muhammad Afsar Tambawang (XI MIPA 4) dan Priangga Prajna Pratistia Syah (X MIPA 5). Bagaimana tidak. Meski di SMA 3 Salatiga tidak terdapat ekskul robotik dan guru pembimbing robotik, namun duo pecinta robotik ini tetap bertekad membawa nama baik sekolah dalam ajang kompetisi robotik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik ATMI Surakarta. Kompetisi robot ini memperebutkan total hadiah Rp 5,1 juta.

Keduanya akan mendemonstrasikan kebolehan robot yang sudah mereka program via zoom dari Ruang Edutainment pada Kamis siang, 17 Maret 2022. Mereka hanya diberi waktu 5 menit dari juri untuk mendemonstrasikan robot rakitannya.

Baca Juga :  SMA Negeri 3 Salatiga Juara 1 Lomba Robotic Tingkat Nasional 

Saat ditanya target, Afsar yang mengaku mendapatkan informasi lomba dari Instagram bertekad ingin memenangi lomba yang berlangsung dari 14-19 Maret 2022 ini. 

Tekadnya ini bukannya tanpa alasan. Dua cowok ini memang sudah punya modal soal robotik sejak di bangku SMP. Bahkan keduanya beberapa kali memperoleh penghargaan di ajang serupa. Ya, keduanya memang senang menggeluti dunia robotik sejak di bangku SMP Muhammadiyah Plus, tempat mereka mengenyam pendidikan sebelum masuk di SMA 3 Salatiga.

“Sejak di SMP saya memang sudah senang dengan robotik,” kata Afsar saat ditemui di sela dirinya dan Priangga menyelesaikan pemrograman robotnya untuk dapat berlaga hari ini.

Diakui Afsar bahwa untuk merakit robot tidak butuh waktu yang lama, tapi memprogramnya itu yang lama. Sejak Rabu siang keduanya sudah mulai pemrograman dan berlanjut hingga malam harinya.

“Untuk merakit robot ini sehari jadi. Tapi memprogramnya yang lama,” kata Afsar. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar