Drs. Suyitno: EDS Bukan Sekadar Rutinitas

"EDS bukan sekadar pekerjaan rutinitas setiap tahun. Tetapi dengan EDS, kita harus mawas diri terhadap kegiatan (sekolah) yang sudah dilaksanakan." Demikian dikatakan Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. dalam kegiatan EDS (Evaluasi Diri Sekolah) pada Jumat pagi, 7 Oktober 2022 di Aula Smantisa.

"Apakah sudah sesuai rencana?" tambahnya. "Kita tidak perlu malu jika dari hasil evaluasi ternyata masih ada (program) yang kurang, belum, atau tidak terlaksana.

Diharapkannya, EDS yang dilaksanakan dapat memunculkan rencana program yang akan datang demi kemajuan SMA 3. EDS kali ini juga dapat dijadikan dasar untuk menyusun program kerja tahun 2023.

"Jika ada masukan program, nanti bisa disampaikan di teamnya masing-masing sehingga di tengah jalan tidak ada lagi program dadakan," tegas kepala sekolah.

Karena itu, katanya, guru dan karyawan diminta berperan aktif agar ke depan dalam penyusunan program kerja dan penyusunan RKAS dapat berjalan dengan lancar.

EDS yang diprakarsai bidang Manajemen Mutu ini dibuka oleh Pengawas SMA Drs. Wahyu Purnomojati, M.Pd. mewakili Kepala Cabang Dinas Wilayah V yang berhalangan hadir sekaligus menjadi narasumber.

Dalam paparannya, Pak Wahyu, begitu pengawas ini biasa disapa, menjelaskan perbedaan EDS sebelumnya dengan era merdeka mengajar.

Dikatakannya, EDS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni diistilahkan Profil Satuan Pendidikan.

Saat melakukan analisis profil pendidikan, katanya, ada hal yang perlu dilakukan, yaitu identifikasi, refleksi dan benahi. Dan yang terpenting, katanya, saat melakukan evaluasi harus berdasarkan data.

Sementara itu Waka Manajemen Mutu, Supriyatin M.Pd. saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan, EDS hari ini (7/10) diikuti seluruh guru dan karyawan.

Kegiatan EDS juga dilaporkan akan dilaksanakan tiga kali. Untuk dua kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan pekan depan, selain dihadiri seluruh guru dan karyawan, juga akan dihadiri komite sekolah.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar