Drs. Suyitno: Mari Kita Cintai Batik

Memeringati hari batik, SMA Negeri 3 melaksanakan apel pagi, pada Senin, 3 Oktober 2022 di lapangan upacara. Semua warga sekolah mengenakan batik; guru, karyawan, siswa, mahasiswa PPL. Tak terkecuali Umeda Masako, guru native bahasa Jepang.

Dalam amanat apel itu Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. menyoroti lambannya para siswa dalam menyiapkan diri di lapangan sampai-sampai Waka Kesiswaan harus mengingatkannya. Karena itu Kepala Sekolah meminta untuk upacara mendatang, ketua kelas menyiapkan barisannya.

Adapun baju batik dipakai oleh warga sekolah pada tanggal 3, itu lantaran hari batik jatuh pas hari minggu. Memakai batik ini merupakan upaya SMA 3 dalam ikut melestarikan warisan budaya berupa batik.

"Mari kita cintai batik dan batik yang beragam corak dari berbagai daerah di nusantara. ini perlu dilestarikan karena batik merupakan warisan budaya bangsa. Indonesia, " tegasnya.

Dikatakannya pula bahwa batik sebagai warisan budaya merupakan identitas bangsa Indonesia yang tidak kalah dengan budaya asing.

Pada akhir amanatnya, Kepala Sekolah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para siswa yang sudah berpartisipasi dalam berbagai lomba (olahraga) baik yang sudah berhasil membawa medali/piala untuk sekolah maupun kepada peserta yang belum berhasil.

Usai Kepala Sekolah menyampaikan amanatnya, Umeda Masako diberi kesempatan menyampaikan sambutan. Sebagai informasi, apel pagi ini juga sebagai ajang penyambutan kepada guru native bahasa Jepang asal Tokyo ini yang akan bertugas di SMA 3 Salatiga hingga Maret 2023.

Dalam sambutannya, Masako yang didampingi guru bahasa Jepang SMA 3 Saiful Barmawi, S.Pd. mendapat sambutan hangat dari peserta apel. Dengan bahasa Indonesia yang lumayan lancar, Masako menyampaikan keinginannya untuk juga belajar budaya Indonesia meski dirinya dalam mengajar juga akan mengenalkan budaya Jepang.

Di akhir apel, para siswa yang berhasil membawa pulang piala dan medali, baik tingkat provinsi maupun nasional, menyerahkannya kepada sekolah.

Selain itu, diserahkan penghargaan kepada kelas X, XI dan XII yang dinilai tergiat dalam kegiatan literasi selama bulan September.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar