Siswa Kelas X dan XI Mengikuti Deteksi Dini Faktor PTM-Keswa

Seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti penjaringan kesehatan yang diselenggarakan Puskesmas Sidorejo di Aula Smantisa pada Selasa, 12 Oktober 2022. Penjaringan kesehatan yang dilakukan secara rutin tiap tahun ini untuk melakukan deteksi dini faktor penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa (PTM-Keswa) pada siswa.

Salah satu petugas puskesmas Sidorejo mengatakan, untuk melakukan penjaringan di SMA 3 ini pihak puskesmas mengerahkan 17 petugas. Mereka akan memeriksa kesehatan mulut, mata, telinga, dan gizi (anemia atau tidak), tekanan darah dan cek gula darah.

Sementara untuk penyakit tidak menular seperti jantung, kadar gula, dan riwayat penyakit bawaan keluarga data didapatkan dari formulir yang sudah diisikan siswa siswa.

Sementara untuk data tinggi dan berat badan serta lingkar perut, petugas dibantu oleh anggota PMR Kencana Husada. Turut membantu pelaksanaan penjaringan kesehatan ini pembina PMR Yunita Paulina Pita, S.Pd. dan Atika Kurnia Putri, M.Hum. dan guru BK Puput Winarni, S.Pd.

Para siswa yang menjadi sasaran penjaringan tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Beberapa guru dan karyawan juga tampak ikut cek kesehatan di Aula.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar