Gotong Royong Mengerjakan e-Rapor Kurikulum Merdeka

SMA Negeri 3 Salatiga berikan BIMTEK e-Rapor Kurikulum Merdeka kepada GTK pada Kamis (8/12/2022). Penanggungjawab kegiatan Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. menjelaskan, e-Rapor SMA Negeri 3 Salatiga adalah sistem aplikasi berbasis web yang diharapkan bisa mengubah pola manual ke pola digital. Menurutnya, dengan hadirnya e-Rapor maka bapak ibu guru SMA Negeri 3 Salatiga bisa lebih mudah dalam mengisi dan menginput data karena bisa dilakukan di mana saja.

Selain itu Saptono menjelaskan bahwa e-Rapor akan memudahkan guru untuk melihat capaian kompetensi, dan juga evaluasi, hasil belajar sampai pencetakan rapor. Diharapkan e-Rapor juga bisa dipakai oleh administrator sistem dapodik serta dipakai guru maupun murid.

"Insyaallah bermanfaat dengan baik, memberikan kemerdekaan belajar yang lebih baik untuk siswa," ujar Saptono.
Pria yang akrab disapa P Sapt tersebut menambahkan, bahwa Aplikasi e-rapor beserta manualnya dapat diunduh melalui laman berikut:
"Untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini yang perlu dijadikan acuan dapodiknya karena aplikasi akan berkaitan dengan dapodik. Dapodik harus dilakukan penyesuaian atau lengkap sehingga bisa diakses aplikasi ini. Peran administrator, guru dan wali kelas yang masing-masing berbeda dalam menggunakan e-Rapor," tutur Saptono.

P Sapt menyebut, peran operator sekolah sangat penting dalam penggunaan e-Rapor karena berkaitan dengan data dapodik yang diinput. Operator sekolah mendaftarkan webservice, mengambil data dapodik, membuat data user mengecek data user, mengecek dan menyesuakan referensi data dari dapodik dan membuat referensi lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, TTD Kepsek dan TTD Wali Kelas, input tanggal rapor). Kemudian terkait P5 operator sekolah menyesuaikan referensi tema, dimensi, elemen-subelemen dan target capaian P5. Selanjutnya operator sekolah menginput data projek dan deskripsi projek serta tema, elemen, dan sub elemen tiap projek, menyusun kelompok/kelas dan fasilitator projek, cetak leger dan rapor intra dan rapor projek Backup restore data e-rapor.

Adapun tanggung jawab wali kelas pada e-Rapor, menurut Saptono adalah edit data siswa Input rekap kehadiran siswa input nilai ekstrakurikuler Input kenaikan kelas catat leger dan rapor intra dan rapor projek. Pada e-Rapor tugas guru menginput tujuan pembelajaran yang telah disusun, menyiapkan hasil penilaian, mengolah dan kirim nilai akhir (cukup mengisi 1 nilai saja), proses deskripsi (deskripsi didapatkan dari pemilihan TP mana yang sudah tercapai dan belum tercapai), input capaian dan catatan projek P5 dan input nilai ekstrakurikuler.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar