Kegiatan PPKKS Tahun 2022 di SMA Negeri 3 Salatiga

Pelaksanaan kegiatan Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) di SMA Negeri 3 Salatiga berlangsung pada Jumat, 2 November 2022. Kegiatan PPKS yang dipusatkan di Ruang Edutainment ini menghadirkan dua penilai, yaitu Drs. Wahyu Purnomodjati, M.Pd. dan Maryanto, S.Pd., M.Pd. 

Tampak hadir dalam kegiatan PKKS Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd., seluruh wakil kepala sekolah beserta staf, kepala TU beserta staf, seluruh bendahara, dan kepala perpustakaan beserta staf.

Dalam pengantarnya sebelum melakukan penilaian, Maryanto mengatakan bahwa yang berwenang menilai kinerja kepala sekolah adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. 

"Karena hal itu tidak memungkinkan dilaksanakan sendiri oleh Ibu Uswatun Hasanah (Kadinas, Red), maka kami yang ditugaskan untuk menilai." 

Kegiatan PKKS ini, kata Maryanto, bertujuan untuk memetakan mutu sekolah dan pendidikan di Jawa Tengah.

Sementara Wahyu Purnomodjati mengibaratkan kegiatan teamnya melakukan penilaian PKKS di SMA 3 ini seperti seorang gadis cantik. 

"SMA 3 ini sudah bagus. Namun, seperti seorang gadis cantik, ia masih tetap harus menyisiri rambutnya agar tampak semakin cantik."

Sebagai informasi, PKKS merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan seorang kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. 

Meski yang dinilai adalah kinerja kepala sekolah, tapi hakikatnya yang terlibat adalah seluruh warga sekolah.

Adapun berkas yang dinilai dalam PKKS ini ada 5 komponen. Kelima komponen itu adalah komponen kepribadian dan sosial, komponen kepemimpinan pembelajaran, komponen pengembangan sekolah, komponen manajemen sumber daya, dan komponen kewirausahaan.

Kegiatan PPKS yang berlangsung dari pukul 9 pagi hingga menjelang waktu salat Jumat ini berlangsung lancar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar