SMA Negeri 3 Salatiga Mengadakan Edufair 2022

Guna memfasilitasi atau membantu siswanya dalam memilih pendidikan lanjut di perguruan tinggi, SMA 3 Salatiga menyelenggarakan Edufair pada Selasa, 10 Januari 2022. Kegiatan yang bernama Smantisa Edufair 2022 ini dikoordinasikan oleh bidang Bimbingan Konseling dan dipusatkan di Aula Smantisa.

Dalam laporannya, ketua panitia Novembri Agus Hariyanto mengatakan bahwa edufair ini bertujuan membantu siswa kelas XII SMA 3 Salatiga dalam mendapatkan perguruan tinggi jika tidak diterima di PTN. Ditambahkan oleh Koordinator BK ini, edufair diikuti 18 perguruan tinggi swasta dan 11 PTN dari wilayah Jawa Tengah dan luar provinsi.

Ditargetkan, kata Novembri Agus, sebanyak 1180 siswa SMA 3 akan mengunjungi stand-stand perguruan tinggi yang meramaikan edufair kali ini.

Selain itu, diharapkan, orang tua siswa, siswa sekolah lain dan masyarakat sekitar dapat memanfaatkan edufair ini.

Sementara Dr. Saptono Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, saat membuka secara resmi edufair mewakili Kepala Sekolah menegaskan, tujuan dan sasaran edufair 2022 ini adalah menyediakan informasi bagi calon mahasiswa, yakni siswa kelas XII.

Dikatakannya, informasi mengenai perguruan tinggi sebenarnya dapat diperoleh secara daring dan luring. Namun begitu, menurutnya, Informasi secara luring dapat diperoleh lebih mantap.

"Saya berharap dari edufair ini ada informasi tentang beasiswa sehingga tidak ada alasan bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah mengatakan bahwa dia tidak ada biaya," katanya.

P Sapt yang juga Asesor Guru Penggerak & Asesor Sekolah Penggerak ini juga berharap tiap perguruan tinggi yang ambil bagian dalam SMANTISA Edufair ini mampu menyampaikan informasi seluas-luasnya dan mungkin bisa melakukan sharing dengan pengunjung.

Ia juga berharap, perwakilan universitas dapat membangkitkan motivasi dan minat kepada siswa SMA 3 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Edufair yang berlangsung sehari penuh ini mendapatkan perhatian yang tinggi dari para siswa dan orang tua. Pak Narto, orang tua siswa kelas XII MIPA saat ditemui di stand Unair mengatakan, dirinya sangat senang bisa mengunjungi edufair yang diadakan oleh SMA 3 Salatiga.

"Ini saya mencarikan brosur-brosur untuk anak saya karena dia masih bingung untuk menentukan pilihan," katanya yang mengaku anaknya ingin kuliah di PTN di luar provinsi Jawa Tengah.

Cheza, salah satu penjaga stand Universitas Airlangga yang juga alumni SMA 3 mengaku senang dapat menjadi peserta edufair. Diharapkannya, dengan edufair ini adik kelasnya banyak yang melanjutkan ke Unair

"Saya senang dapat undangan dari Bu Nanda (guru BK SMA 3, red) untuk mengikuti even ini. Lalu oleh kampus, saya dan teman-teman diberi tugas untuk ke sini," pungkasnya.

Agar kegiatan pembelajaran dapat tetap terjaga saat edufair, pihak kurikulum telah membuat jadwal dan mengatur waktu berkunjung ke edufair antara kelas XII IPS dan Bahasa, XII MIPA, kelas XI dan terakhir kelas X.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar