Peran GP dalam Pengalaman Lapangan (PPL) II PPG Pra-Jabatan

SALATIGA - Rabu 15 Maret 2023 di ruang edutainment SMA Negeri 3 Salatiga, guru pamong mata pelajaran Ekonomi, Fisika, Kimia, Matematika, Sejarah, Sosiologi melakukan koordinasi untuk menyamakan persepsi. Guru Pamong (GP) merupakan salah satu elemen penting dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) II PPG Pra-Jabatan dari UNNES dan UKSW. GP memiliki peran sebagai pendamping, pembimbing, dan penilai bagi mahasiswa selama praktik pengalaman lapangan di sekolah mitra.

Koordinator Program Pengalaman Lapangan (PPL) II PPG Pra-Jabatan, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menjelaskan bahwa GP bertugas mendampingi dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengobservasi, berdiskusi, merencanakan, dan melakukan praktik pembelajaran sampai refleksi dan tindak lanjut. Selain itu, GP juga berpartisipasi dalam pertemuan guru dan membantu mahasiswa dalam melakukan refleksi serta mencari solusi terkait masalah akademis dan non-akademis.

"Orientasi sudah selesai laksanakan. Mulai 14 Maret 2023 agenda program Pengalaman Lapangan (PPL) II PPG Pra-Jabatan di SMA Negeri 3 Salatiga adalah melaksanakan siklus 1 yaitu pembelajaran terbimbing. Siklus ini dilaksanakan untuk Kurikulum Merdeka Fase E kelas X," jelas Saptono.

Pada pembelajaran terbimbing ini, GP juga melakukan supervisi klinis dan memberikan penilaian terhadap mahasiswa PPL II PPG Pra-Jabatan. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ditunjukkan oleh mahasiswa selama praktik pengalaman lapangan di sekolah.

Sebagai seorang guru profesional, GP juga menjadi teladan dalam melaksanakan tugas keguruan serta bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan etika dan norma yang berlaku dalam profesi keguruan. Hal ini penting untuk membentuk mahasiswa sebagai calon guru yang memiliki kualitas dan integritas yang baik.

Dalam pelaksanaan PPL II PPG Pra-Jabatan, peran GP sangatlah penting untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan dan pengalaman di bidang keguruan. Oleh karena itu, peran GP harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab untuk menciptakan hasil yang optimal.
____________
Materi silakan klik https://s.id/1CJbK

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar