Upacara Peringatan Harkitnas 2023 di SMA Negeri 3 Salatiga

SMA Negeri 3 Salatiga melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada Senin, 22 Mei 2023. Upacara di lapangan utama ini dilaksanakan 2 hari setelah hari Kebangkitan Nasional mengingat SMA 3 sebagai institusi di bawah naungan Pemrov Jateng memberlakukan 5 hari kerja. Hal ini juga untuk menindaklanjuti Nota Dinas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 003.1/1381 tertanggal 19 Mei 2023. 

Dalam nota dinas yang ditandatangani Sekretaris Dinas Suyanta, S.Pd., M.Pd., itu disebutkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 pada Senin, 22 Mei 2023.

Upacara bendera di SMA 3 diikuti seluruh siswa kelas X dan XI, guru dan karyawan, serta mahasiswa praktikan. Adapun Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd. bertindak sebagai pembina upacara. 

Dalam amanatnya, pembina upacara membacakan amanat Menkominfo yang bertema Ayo Bangkit Bersama mengulas sejarah kebangkitan nasional bangsa Indonesia yang ditandai berdirinya Boedi Oetomo. Selanjutnya dipaparkan hubungan kebangkitan nasional itu dalam situasi kekinian baik yang menyangkut kehidupan dalam negeri maupun secara global menyangkut hubungan antarnegara di dunia 

"Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan Nusa dan Bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia."

Kiprah Indonesia secara global pun diharapkan dapat memengaruhi tatanan kehidupan bagi bangsa-bangsa di dunia melalui kerja sama dan kolaborasi antarnegara. 

"Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema"Recover Together, Recover Stronger", dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan."

Upacara bendera di pagi yang cerah ini berlangsung tertib dan khidmat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar