Peran Asesmen : Fasilitasi, Umpan Balik, dan Pengembangan Pembelajaran

Penilaian Sumatif Akhir Tahun Ajaran 2022/2023 dilakukan selama 8 hari, dimulai dari Senin, 29 Juni 2023, hingga Jumat, 9 Juni 2023. Tujuan dari Penilaian Sumatif Akhir Tahun Ajaran 2022/2023 ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang pencapaian siswa dalam berbagai aspek pembelajaran.

Abstrak
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang tanggapan dan feedback siswa SMA Negeri 3 Salatiga terhadap pelaksanaan penilaian akhir tahun 2023. Penelitian dilakukan selama periode 29 Juni hingga 9 Juli 2023, dengan melibatkan siswa kelas X dan XI. Berdasarkan temuan utama, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap relevansi dan manfaat penilaian akhir tahun. Mereka juga mengungkapkan kepuasan terhadap penyelenggaraan, sambil memberikan masukan untuk perbaikan di masa mendatang. Artikel ini menyoroti masukan tersebut dan menggarisbawahi perlunya peningkatan pengalaman belajar siswa melalui penilaian akhir tahun yang lebih baik.

Kata kunci: SMA 3 Salatiga, penilaian akhir tahun, metode penelitian, siswa

Pendahuluan
Penilaian akhir tahun (PAT) merupakan proses penting dalam mengevaluasi kemampuan dan prestasi siswa di tingkat SMA. Dalam penelitian ini, fokus diberikan pada pelaksanaan PAT di SMA Negeri 3 Salatiga pada tahun 2023. Pelaksanaan PAT berlangsung selama 8 hari, dimulai dari tanggal 29 Juni hingga 9 Juli 2023. Siswa kelas X menghadapi 16 mata uji, sementara siswa kelas XI menghadapi 15 mata uji yang mencakup mapel umum, mapel peminatan, dan mapel lintas minat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali tanggapan dan feedback siswa terhadap pelaksanaan penilaian akhir tahun serta mempertimbangkan perbaikan yang mungkin dilakukan di masa mendatang.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengumpulkan data dan menganalisis metode penelitian yang digunakan dalam penilaian akhir tahun. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung terhadap pelaksanaan penilaian di SMA Negeri 3 Salatiga dan pengumpulan data dari siswa yang mengikuti penilaian. 

Gambar 1. Responden Penelitian

Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode penelitian yang digunakan.

Analisis Data
Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui survei yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 3 Salatiga setelah pelaksanaan PAT. 
Gambar 2. Survei Kepuasan Penyelenggaraan PSAT

Survei meliputi pertanyaan terstruktur yang menggali tanggapan siswa terkait relevansi dan manfaat penilaian akhir tahun, kepuasan dengan penyelenggaraan, masukan untuk perbaikan di masa mendatang, permintaan informasi lebih lanjut, kesulitan teknis yang dialami, dan permintaan tambahan.

Gambar 3. Survei Relevansi dan Kebermanfaatan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dapat disimpulkan bahwa metode penelitian yang digunakan dalam Penilaian Akhir Tahun di SMA Negeri 3 Salatiga efektif dan bermanfaat. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti masalah akun dan kehadiran siswa, kendala tersebut dapat diatasi oleh panitia. Siswa memberikan masukan untuk perbaikan, seperti peningkatan variasi soal dan penyesuaian jeda antara pergantian mata pelajaran. 

Gambar 3. Kesan dan Masukan Umum 

Berdasarkan temuan penelitian, terdapat beberapa rekomendasi untuk meningkatkan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun di SMA Negeri 3 Salatiga. Pertama, panitia penilaian dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akun dan password yang valid sebelum pelaksanaan penilaian. Kedua, panitia juga dapat memperhatikan kehadiran siswa pada hari pertama penilaian dan menyusun jadwal yang memungkinkan siswa untuk hadir pada semua mata pelajaran yang diuji. Selain itu, perlu juga dilakukan peningkatan variasi dalam bentuk soal agar penilaian menjadi lebih menarik dan mencegah kejenuhan siswa. Panitia penilaian dapat mencari metode penelitian alternatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Rekomendasi
Selanjutnya, panitia penilaian dapat mempertimbangkan penggunaan survei kepuasan siswa secara teratur sebagai alat evaluasi dan pembaruan metode penelitian. Survei ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kekuatan dan kelemahan metode penelitian yang digunakan serta memberikan siswa kesempatan untuk memberikan masukan yang konstruktif. Terakhir, penting bagi panitia penilaian untuk secara terus-menerus memantau dan mengevaluasi metode penelitian yang digunakan. Dengan melibatkan siswa, guru, dan staf sekolah dalam proses evaluasi, penilaian akhir tahun dapat terus ditingkatkan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dan proses pembelajaran secara keseluruhan.

Berikut ini adalah tanggapan penyelenggaraan Sumatif Akhir Semester Genap Siswa Kelas X & Penilaian Akhir Tahun Siswa Kelas XI 
Bagus
Bagus
sebaiknya jeda pergantian mapel tes jangan terlalu lama pak/bu supaya kita bisa langsung segera mengerjakan
tidak ada, sudah bagus
Tingkatkan
Bagus sekali
I love bu moel, semoga kelas 12 wali kelas ips 2 tetap bu moel ya pak buk
Keren
Tidak ada
Keren
Keren
Bagus sekali
Bagus
jangan menitik beratkan nilai pada ujian saja apalagi menggunakan ujian online dimana kejujuran siswa dipertanyakan. kedepannya jangan mendadak bila ingin mengadakan PAT dipastikan semua guru mapel sudah menjelaskan materi yang diujikan dengan jelas
Lebih tertata
Bagus sekali
Lebih mempersiapkan tes, karena ada tes yang berkendala misal kendala internet, jaringan, media didik, platform, dan ada yang tidak langsung bisa di submit, ada yang lemot dan gambarnya tidak muncul karena terjadi kendala atau tidak menggunakan media didik melainkan platform lain tanpa sepengetahuan murid
Keren
sudah cukup bagus untuk semuanya, media didik sangat membantu siswa dalam mengerjakan soal dan mudah digunakan semua server, tetap menggunakan media didik
tetap menggunakan LMS, dan semua mapel menggunakan LMS (laman yang sama) supaya tidak ada kendala dalam pengerjaan
Mantap
Mantap
soalnya jangan susah susah
tetap online, supaya hemat
tidak ada 
tidak ada sudah bagus
Durasi pengerjaan sesuaikan dengan jumlah soal
jika anak" sudah selesai mka seharusnya sdh boleh keluar,jam ditutup formnya jgn terlalu lama
perlu di pertimbangkan jika memberi soal ulangan yang seperti kita pelajari jagan melenceng dari pelajaran saja sih.
Semoga semakin lancar
tidak ada
Tidak ada
untuk website penyelenggara SAS mohon menunjukkan hasil akhir nilai yg telah diperoleh siswa, dengan menyertakan keterangan mana soal yg benar dan mana soal yang salah, agar siswa dapat belajar melalui soal soal yang telah di keluarkan pada website SAS ini, terimakasih.\
Soal ujiannya dibuat lebih setara dari kelas X1 sampai X12 karena yang kami rasakan sebagai kelas bawah (X7-X12) soal yang kami kerjakan jauh lebih sulit daripada kelas atas (X1-X6). Jadi alangkah lebih baik jika soal yang diujikan tingkat kesulitannya setara agar tidak menimbulkan rasa iri dengan kelas lain terutama kelas atas.
tetap pertahankan metode sumartif seperti ini
Agar lebih seru
Bagus sekali
piknik ke bali🀩🀩
Semoga menjadi lebih baik lagi
tidak ada
πŸ‘πŸ»
Gatauu pakk
Bagus
Mantap
Sukses
Tidak ada
Tidak ada
Bagus sekali
Kalau yg kurikulum merdeka nanti tes nya gimana ya kalok udah kelas 11
tdk ada
Tes Tertulis.
Tidak ada
tidak tahu saya ngantuk
Bagus
Keren
Lebih baik
Mboten enten pak buk mang terus ke mawon kulo mpon manut mawon kaleh bapak ibu guru 😁
Oke
Bagus sekali
Mantap
Semoga lebih  inovatifπŸ™πŸ™πŸ™
Soalnya sulit dipahami
tidak ada
untuk sekarang ini terkadang masih ada soal yg kurang jelas, dan terkadang sulit untuk di submit, untuk kedepannya saya berharap agar waktu submit lebih mudah lagi
Bagus sekali
Lebih banyak memberi materi dari pada tugas
Bagus sekali
Baik
hebat
Sudah baik....tlng dipertahankan!
Tidak ada 
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
Keren
menggunakan arsip soal tahun kemarin untuk pas
sudah baik
tidak  ada
tidak ada
tidak ada
Bagus
Bagus sekali
Jos
Mohon ditingkatkan 
nice
semoga link nya nggak ngelag lagi
Bagus
Bagus
Keren
di harapkan untuk tes selanjutnya, mapel PKWU bisa di taruh di hari yang hanya 1 mapel saja pak/bu terimakasih
lebih baik dan maju lagi
lebih baik lebih maju
lebih baik lebih maju lgi 
lebih jaya lagi
Mantap
saya rasa sudah cukup baik
sebelumnya saya minta maaf, untuk jadwal mohon di perbaiki lagi, soal nya PAS kali ini hitung hitungan dibuat dalam hari yang berturut turut tanpa ada jeda antara matpel hitung dan tidak yang membuat kita agak kewalahan pak/bu, terimakasih atas perhatiannya
Semoga website yang digunakan lebih diperbaiki lagi agar tidak ada kendala dan nyaman saat melakukan pat
tahun ke depan tetap menggunakan web mediadidik
Web nya tetep di lms saja jan ganti²
Bagus
Bagus sekali
Bagus sekali
Soal dikurangi
wifi perkelas
Bagus
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
Jos
Mantap
Mantap
mantap
Mantap
tetap menggunakan lms
Tidak ada 
Tingkatkan
Keren
saya rasa tidak ada
tidak ada
Tidak ada. Tapi, kalau bisa jangan ada jawaban yang sama misal pilihan b dan d sama jadinya bingung mau pilih yang mana kalau jawabannya benar :")
Bagus
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
fighting 
semoga menjadi lebih baik 
tetap semangat
tidak ada
Bagus
Keren
Bagus
Kedepannya lebih baik lagi dalam menyetting waktu pengerjaan soalKeren
online terus 
pengawasnya jangan ngobrol jadi ga fokus kebrisikan
Perbanyak soal yang mengasah otak
Sejauh ini belum ada
sudah baik....tlng dipertahankan!
tidak ada, karena menurut saya penyelenggaraannya sudah sangat baik.
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Kalau saya sih dipermudah ya soalnya
Keren
Semoga lebih giat
Tidak ada
Tidak ada
Ya semoga lebih baik lagi
Bagus
Lebih semangat 
Penyediaan kuota internet untuk siswa atau penyediaan wifi untuk mengerjakan tes.
Sudah cukup baik
Tidak adaKeren 
Bagus
Bagus sekali
Kalau beri jadwal tes jangan yang satu 1 hari di 2 mapel itu materinya sama-sama banyak, jadinya nanti belajarnya tidak selesai karna belajar sehari 2 mapel dengan materi yang sama-sama banyak itu buat saya tidak cukup. Terimakasih.
lebih baik lagi
Lebih teliti memberikan jadwal / membuat
soalnya jangan sulit sulit :)
Bagus
bagus
Bagus sekali
hebat
Keren
Bagus
Semoga kedepannya pelaksanaan tes bisa lebih baik lagi. 
Tidak ada
tidak ada
tidak ada 
tidak ada, sudah bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Keren
Keren
Keren
di laksanakan secara online
Semoga bisa lebih baik lagi
senang
Tidak ada
tidak ada 
Bagus
lebih baik lagi
Keren
Bagus sekali
Lebih baik lagi
Sebaiknya waktu untuk bisa mengirimnya lebih dari 5 menit 
Soalnya jangan susah susah
Tidak ada
Bagus
Bagus
Keren
Bagus sekali
Bagus sekali
diberikan jadwal pengawas
Perbaikan pada penataan jadwal dan waktu
Tidak ada
Tidak ada
waktu agar bisa dikirimnya jgn lama'Baguskasian yg udaa selesai nggu lama jd bosen
waktu boleh ngirim PAS nya jangan mepet dengan jam istirahat atau pulang sekolah pak/bu kadang kita sudah selesai 45 menit sebelum pulang atau istirahat tapi harus nunggu dulu sampai boleh kirim yang terhitung cukup lama
Bagus
Bagus sekali
Bagus sekali
sebaiknya guru dan pak guru lebih ramah kepada muridnya
πŸ‘
πŸ˜‹πŸ˜²
mantap
smg smkn lbh baik
Sudah bagus
Sudah bagus 
Sudah cukup 
bermanfaat banget
ga ada masukan
Soalnya jngan banyak banyak 
Bagus sekali
mohon untuk jumlah soal dipertimbangkan lagi menyesuaikan waktu pengerjaan
tidak ada 
Bagus
Bagus
Keren
mengurangi jumlah soal pada mapel yang berlevel berat
Saya berharap untuk tes selanjutnya, mapel PKWU bisa ditaruh di hari terakhir (yang 1 mapel satu hari)πŸ˜‡πŸ™πŸ»
Semoga lebih baik 
Tidak ada
tidak ada
Keren
Keren
Menurut saya kalau mengerjakan di websitee Mediadidik SMA 3,kalau waktu tinggal 5 menit lagi dikasi peringatan atau waktu yang diatas berubah warna agar kita bisa tahu waktu sudah hampir habis,karena saya kadang lupa melihat waktu tes, sehingga tes belum selesai tapi sudah Ter submit
Pengawasan yang lebih ketat terhadap murid untuk menghindari terjadinya menyontek.
Tidak ada
tidak ada
Bagus
Bagus sekali
Bagus sekali
Bagus sekali
Mantap
soalnya jangan susah susah ya pak, buπŸ™πŸΌ
tetap pakai media didk lms
Tidak ada
Tidak ada
kalau bisa tes nya satu kelas jadi satu saja jangan di gabung dengan kelas 10 karena berisik sangat menggangu
Mantap
nope
Semoga lebh maju kedepnya
tidak ada
Keren
Asyiik
Bagus sekali
jangan susah susah ya pak bu, terimakasih 
Sudah bagus
Sudah baik
Usaha bagus
Bagus
bagus
Bagus sekali
mohon agar tidak ada batasan submit, saya tidak biss mengsubmit pekerjaan saya sebelum 30 menit tersisa, sangat buang buang waktu saja
sudah bagus πŸ‘πŸΌ
taun depan lakukan lagi secara online 
tidak ada
Bagus
Bagus
Bagus sekali
Baguss
Guru lebih banyak yang memberi kisi-kisi supaya siswa tidak kebingungan untuk menentukan materi yang akan dipelajari.
Guru menerbitkan soal tidak mepet di jam pengerjaan agar waktu mengerjakannya tidak terpotong
Sangat mendukung siswa dalam menggunakan teknologi 
soalnya jangan susah susah ya pak/bu muridmu ini pusing 
sudah baik
Tidak ada sudah cukup memuaskan
Bagus
jangan 2 minggu😭 dan jangan mendadak seminggu setelah p5 karena materinya sudah banyak yg lupa
Lain kali pake kertas aja lah, kalo online malah males belajar saya
lebih diperhatikan mengenai kejujuran, tes dengan sistem seperti sekarang ini terlalu mudah untuk siswa dapat melakukan kecurangan 
Tidak ada
Tidak ada
Bagus sekali
Bagus sekali
Keren
semoga smantisa menjadi sekolah yg bisa berpikir out of the box 
sinyal
tidak ada
wifi gratis πŸ˜πŸ™
Bagus
Bagus
Bagus
Kedepannya lebih giat untuk belajar dan meraih cita-cita
lebih jelas dalam membuat soal, kalimatnya juga lebih jelas, kelengkapan pertanyaan sptri media gambar 
sudah bagus
Sudah cukup baik
tidak ada 
tidak ada masukan 
Tidak ada, sudah berjalan dengan baik
waktunya bisa ditambah
Bagus
Penggunaan media didik cukup efektif karena bisa mengurangi penggunaan kertas
tidak ada
Untuk soal tolong diperhatikan lagi. Selama tes ini saya menemukan ada soal yang fotonya tidak tercantum/buram(tetapi masih terbaca sedikit)πŸ™πŸ»
Bagus
Bagus
Keren
Keren
Lanjutkan
Bagus
Bagus
Sebaikny 3 mapel dalam sehari
Semoga lebih baik lagi
smoga lebih baikkkk
Keren
Lanjutkan
Sudah Bagus
Lebih ditingkatkan lagi
Mantap
tidak mau memberi wifi lancar kah pak/bu?
Waktu untuk submit nya bisa lebih dipercepat
Bagus
Bagus
Bagus

Posting Komentar

0 Komentar