Pendaftaran Peserta Didik Baru Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 3 Salatiga

Salatiga - SMA Negeri 3 Salatiga membuka pendaftaran peserta didik baru untuk kelas khusus olahraga. Pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 6 Juni 2023, sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 420/07038.

Dalam keputusan tersebut, ditetapkan bahwa Kelas Khusus Olahraga (KKO) hanya diberlakukan untuk satuan pendidikan SMA. Sekolah yang ingin membuka KKO harus memperoleh persetujuan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Setiap sekolah yang membuka KKO juga harus menetapkan cabang olahraga yang menjadi unggulan dalam program tersebut.

Pendaftaran peserta didik baru untuk KKO akan dilaksanakan secara langsung di sekolah yang menjadi penyelenggara. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik antara lain salinan ijazah atau surat keterangan lulus, piagam penghargaan atau sertifikat bidang olahraga, fotokopi KTP orang tua/wali dan Kartu Keluarga (KK), serta surat pernyataan tanggung jawab keabsahan dokumen yang menjelaskan kebenaran data dan fakta serta cara perolehannya.

Seleksi calon peserta didik KKO akan dilakukan sebelum pendaftaran PPDB reguler. Seleksi ini akan mempertimbangkan tes bakat olahraga dan nilai prestasi non-akademik bidang olahraga. Penerimaan calon peserta didik KKO didasarkan pada nilai rapor semester I hingga V (25%) ditambah tes bakat olahraga (50%) dan nilai prestasi non-akademik di bidang olahraga (25%).

Waktu dan tempat pelaksanaan tahapan seleksi pendaftaran KKO telah ditetapkan. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada tanggal 14 Juni 2023, dan daftar ulang akan dilakukan pada tanggal 15 hingga 16 Juni 2023. Pendaftar yang diterima dalam KKO tidak dapat mengikuti PPDB reguler, sementara yang tidak diterima masih dapat mengikuti PPDB reguler.

Penting untuk dicatat bahwa jika jumlah pendaftar pada KKO tidak mencapai jumlah minimal peserta didik dalam satu rombongan belajar, maka program KKO tersebut akan dibatalkan. Pengumuman penerimaan peserta didik baru KKO akan dilakukan di sekolah masing-masing dan/atau secara daring melalui website resmi https://ppdb.jatengprov.go.id.

Dengan pembukaan pendaftaran peserta didik baru untuk kelas khusus olahraga di SMA Negeri 3 Salatiga, diharapkan dapat mendorong minat dan bakat olahraga para pelajar di daerah tersebut. Semoga program ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para siswa yang berminat dan berpotensi di bidang olahraga. #PendaftaranKKO #SMA3Salatiga #PPDB2023

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar