SMA Negeri 3 Salatiga Menyelenggarakan Sosialisasi ANBK. Ada Apa? Ternyata Ini Sebabnya

 

Memenuhi agenda Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, bidang kurikulum SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan sosialisasi ANBK bagi seluruh siswa kelas XI di Aula Smantisa pada Rabu, 9 Agustus 2023. Sosialisasi ini dibagi menjadi dua gelombang. 

Gelombang pertama melibatkan kelas XI-1 s.d. kelas XI-6 pada jam pelajaran 3 - 4, sedangkan gelombang kedua pada jam pelajaran 5 - 6 bagi siswa kelas XI-7 s.d. kelas XI-12.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Inti Artini Palupi, S.Pd., M.Si. dalam pengarahannya mengatakan bahwa daftar peserta sampel untuk simulasi sudah muncul. Hanya saja untuk nama peserta untuk gladi bersih yang akan berlangsung pada 21 - 24 Agustus nanti belum bisa dipastikan. 

"ANBK ini sangat penting karena untuk menentukan rapor pendidikan sekolah di tingkat nasional," paparnya. 

Ditambahkannya, rapor pendidikan yang didapatkan SMA Negeri 3 sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan perguruan tinggi terhadap lulusan SMA 3. 

"Kita ingin meningkatkan nilai pada rapor pendidikan kita," tegasnya. 

Sosialisasi ANBK ini menampilkan empat orang narasumber dari lingkungan SMA 3 sendiri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Materi Asesmen Literasi disampaikan oleh guru bahasa dan sastra Indonesia Hamdan Nurcholish, S.Pd. Asesmen Numerasi oleh guru matematika yang juga calon guru penggerak Agung Fitriyantoro, S.Pd., Assesmen Survei Karakter oleh guru senior PKn Dra. Siti Nur Handayani, dan Asesmen Survei Lingkungan Belajar (SLB) oleh guru penggerak SMA 3 Mahetasari, S.Ant.

Sebagai informasi, menyambut pelaksanaan ANBK tahun ini, SMA 3 sudah melaksanakan serangkaian kegiatan sesuai jadwal yang ditentukan. Misalnya, sinkronisasi pada 28 - 30 Juli silam, simulasi awal pada 1 Agustus dengan melibatkan siswa kelas XI-8, kemudian sinkronisasi simulasi pada 5 - 6 Agustus, dan  pelaksanaan simulasi pada 7 - 10 Agustus. 

Di samping itu, guna membiasakan para siswanya menghadapi soal-soal ANBK, pada kegiatan literasi harian yang dilaksanakan tiap Selasa - Kamis pagi selama 15 menit sebelum jam pertama dimulai, bidang kurikulum  telah membagikan materi literasi yang berisi contoh-contoh soal ANBK kepada seluruh siswanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar