SMA Negeri 3 Salatiga Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesakitan Pancasila Tahun 2023

SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesakitan Pancasila pada Senin, 2 Oktober 2023. Upacara ini untuk menindaklanjuti Nota Dinas dari Cabang Dinas Wilayah V Jawa Tengah Nomor 965.0/793 tertanggal 29 September 2023 perihal Pelaksanaan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

Sebagaimana diketahui bahwa sejatinya hari Kesaktian Pancasila jatuh pada 1 Oktober. Berhubung jatuh pada hari Minggu, maka SMA Negeri 3 Salatiga yang melaksanakan 5 hari kerja sebagaimana SMA/SMK dan SLB di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi, maka upacara dilaksanakan pada hari Senin. 

Upacara Hari Kesakitan Pancasila ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, para siswa dan mahasiswa praktikan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. yang membacakan ikrar penguatan Pancasila. 

Tata upacara bendera peringatan hari Kesaktian Pancasila ini mengikuti tata upacara kenegaraan dari pusat sehingga berbeda dengan upacara bendera tiap hari Senin. Bendera sudah dinaikkan penuh sebelumnya dan penghormatan kepada sang saka merah putih di akhir upacara. 

"Kita mengikuti tata cara upacara dari pusat. Maka sebutan pembina upacara kali ini disebut inspektur upacara. Besok (kalau upacara bendera lagi) ya kembali ke pembina upacara lagi," tutur sekretaris bidang  kesiswaan Deny Firianto Utomo, M.Or, yang mendampingi para petugas protokoler upacara.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar