Upacara Bendera Hari Ibu ke-95 di SMA Negeri 3 Salatiga

Salatiga, 22 Desember 2023 - Semangat kebangkitan perempuan Indonesia membara di SMA Negeri 3 Salatiga, yang menjadi saksi upacara bendera meriah dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95. Acara yang diadakan pada Jumat, 22 Desember 2023, mengundang para guru, tenaga kependidikan, dan tenaga administrasi untuk hadir di halaman sekolah dalam pakaian dinas harian.

Upacara dimulai dengan suasana khidmat saat bendera Merah Putih dikibarkan diiringi dengan mengheningkan cipta, menandakan penghormatan terhadap semangat perjuangan bangsa. Para peserta, termasuk pembina upacara, pemimpin upacara, ajudan, MC, pembaca UUD, pembaca doa, penjemput, dan dirijen, hadir dengan penuh semangat untuk merayakan momen bersejarah ini.

Dalam upacara ini, peringatan Hari Ibu tidak hanya diawali dengan protokol bendera, tetapi juga dengan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu. Peserta upacara diberikan pemahaman tentang bagaimana gerakan perempuan di Indonesia, melalui kongres perempuan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta, menetapkan peran perempuan sebagai ibu bangsa.

Seiring dengan pembacaan sejarah, dipaparkan hasil membentuk badan kongres perempuan Indonesia yang menetapkan fungsi utama perempuan sebagai ibu bangsa. Keputusan ini diresmikan oleh pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959, menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember sebagai hari nasional. Hari ini diperingati sebagai hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Dalam laporan acara, Amanat Pembina Upacara memberikan pandangan mengenai makna peringatan Hari Ibu. 

"Perempuan Indonesia masa kini harus menyadari bahwa mereka memiliki akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, pendidikan, dan sebagainya," ungkapnya.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu hymne Hari Ibu, dengan lirik mars yang membangkitkan semangat perempuan Indonesia untuk menjadi mitra sejajar dengan pria dalam pembangunan bangsa.

"Hari Ibu Indonesia, pembangkit semangat juang kita," seruan ini menjadi bagian dari komitmen untuk memberikan inspirasi dan dorongan kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus berdaya menuju kemajuan bangsa.

Acara ini bukan hanya seremonial, tetapi juga menjadi panggung refleksi dan pernyataan tentang pentingnya peran perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dengan tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju," upacara ini memancarkan semangat untuk terus memberikan perhatian pada eksistensi perempuan dalam segala aspek kehidupan.

"Mari kita bersama-sama menyuarakan perempuan berdaya, Indonesia maju," ajakan ini menjadi puncak upacara yang memotivasi semua pihak untuk terus mendukung kesetaraan gender dan peran perempuan dalam membangun masa depan yang lebih baik. #HariIbu95 #PerempuanBerdaya #SMA3Salatiga πŸŒΊπŸ‘©‍πŸ‘§‍πŸ‘¦

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar