Analisis Partisipasi dan Skor Siswa dalam GLS : Sebuah Telaah pada Hari Kamis 18 Januari 2024

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diwajibkan 15 menit sebelum pembelajaran di SMA Negeri 3 Salatiga pada hari Kamis, 18 Januari 2024. Selain itu, penelitian ini juga memfokuskan analisis terhadap data skor yang diperoleh oleh siswa kelas X, XI, dan XII. Data dikumpulkan dari 606 siswa dan dianalisis untuk mendapatkan wawasan mendalam mengenai efektivitas GLS dan hubungannya dengan prestasi belajar.

1. Analisis Partisipasi Siswa dalam GLS
Data partisipasi siswa dalam GLS pada hari Kamis, 18 Januari 2024, menunjukkan gambaran yang positif. Dari total 606 siswa, 100% dari mereka mengikuti GLS dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Ini mencerminkan keseriusan sekolah dan siswa dalam mendukung inisiatif literasi. Analisis per kelas menunjukkan variasi partisipasi, tetapi mayoritas kelas mencapai tingkat partisipasi penuh (5/5). Peningkatan ini dapat diartikan sebagai kesadaran siswa akan pentingnya literasi dan dukungan yang kuat dari sekolah.

2. Analisis Skor Siswa kelas X, XI, dan XII
Dari data skor siswa, dapat diamati bahwa sebagian besar siswa mencapai skor penuh (5/5) dalam GLS. Siswa kelas X, XI, dan XII menunjukkan konsistensi dalam penerimaan materi literasi. Namun, terdapat beberapa siswa di kelas XI dan XII yang memperoleh skor lebih rendah (4/5), menandakan adanya variasi pemahaman. Analisis lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi skor siswa, seperti tingkat kesulitan materi atau motivasi siswa.

Pembahasan
Partisipasi penuh siswa dalam GLS mencerminkan efektivitas implementasi program literasi di SMA Negeri 3 Salatiga. Siswa kelas X, XI, dan XII menunjukkan prestasi yang baik secara keseluruhan, tetapi perlu dicermati untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan konsistensi skor siswa di semua tingkatan kelas. Upaya perbaikan dan dukungan kontinu terhadap GLS dapat memastikan peningkatan prestasi dan pemahaman literasi siswa.

Kesimpulan
Partisipasi penuh siswa dalam GLS menunjukkan komitmen sekolah dan siswa terhadap literasi. Meskipun sebagian besar siswa mencapai skor penuh, perlu perhatian khusus terhadap siswa yang memperoleh skor lebih rendah. Kesimpulan ini mendukung pentingnya terus menerapkan GLS sebagai strategi efektif dalam meningkatkan literasi dan prestasi siswa di SMA Negeri 3 Salatiga.

Saran untuk Penelitian Masa Depan
Penelitian mendatang dapat mendalam ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi variasi skor siswa. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada dampak jangka panjang dari GLS terhadap kemampuan literasi siswa dan bagaimana hal tersebut memengaruhi prestasi akademis mereka.

Referensi
Sutrisno, B. (2023). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Literasi, 8(2), 45-60.
Anwar, M. et al. (2022). Literacy Programs and Student Achievement: A Meta-Analysis. Journal of Educational Research, 35(1), 78-92.
Dewi, K. et al. (2021). Enhancing Literacy Skills in High School Students: A Case Study. International Journal of Literacy Education, 25(4), 210-225.
Ministry of Education. (2020). National Literacy Strategy 2020-2025. Jakarta: Ministry of Education Press.
Smith, A. (2019). The Impact of Literacy Initiatives on Academic Performance. Journal of Literacy Studies, 22(3), 123-145.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar