Ustad Solikin Ajak Manfaatkan Ramadan untuk Meningkatkan Kesadaran Belajar

Ustad Solikin Sampaikan Kultum Ramadan di Masjid An Nur Negeri 3 Salatiga, Mendorong Kesadaran akan Pentingnya Belajar Sejak Dini. Di Masjid An Nur Negeri 3 Salatiga, Ustad Solikin, S.Pd.I, menghadirkan kultum Ramadan yang menggugah kesadaran akan urgensi belajar sejak dini bagi umat Islam. Dalam kultumnya, beliau menyoroti hadis yang menegaskan bahwa belajar adalah kewajiban bagi setiap muslim, mulai dari masa kecil hingga dewasa.

Ustad Solikin menekankan bahwa belajar sejak dini, seperti belajar menulis dengan pensil, memberikan pelajaran berharga dalam memperbaiki diri. Pensil sebagai alat tulis mengajarkan kita untuk menghapus kesalahan, mencerminkan pentingnya memperbaiki diri dalam kehidupan sehari-hari dan ibadah.

Dalam konteks bulan Ramadan yang penuh berkah, Ustad Solikin mengajak jamaah untuk memanfaatkan momentum ini sebagai waktu untuk introspeksi dan perbaikan diri. Beliau menegaskan bahwa bulan Ramadan tidak hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang menahan diri dari perbuatan dosa dan meningkatkan kualitas ibadah.

"Kita diajarkan oleh agama untuk belajar dan berlatih sejak kecil, sebagai bekal untuk menjadi hamba yang bertanggung jawab di masa dewasa nanti," ungkap Ustad Solikin dalam kultumnya. 

Ia menyoroti peran orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anak, sebagai upaya untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya beribadah kepada Allah SWT.

Beliau juga menegaskan bahwa setiap muslim, baik pria maupun wanita, memiliki tanggung jawab untuk terus belajar dan memperbaiki diri. 

"Ramadan adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan diri, mengenali kesalahan, dan berusaha memperbaikinya," tambahnya dengan penuh semangat.

Ustad Solikin mengakhiri kultumnya dengan mengajak jamaah untuk mengambil hikmah dari Ramadan dan memanfaatkannya sebagai momen untuk memperbaiki diri. Pesan beliau mengingatkan kita akan urgensi belajar dalam agama Islam dan pentingnya memperbaiki diri sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Dengan demikian, kultum Ramadan yang disampaikan oleh Ustad Solikin di Masjid An Nur Negeri 3 Salatiga menjadi pengingat bagi umat Islam akan pentingnya kesadaran belajar sejak dini dan memanfaatkan bulan Ramadan sebagai waktu untuk introspeksi dan perbaikan diri. #UrgensiBelajar #Ramadan #MasjidAnNurNegeri3SalatigašŸŒ™

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar