Tiga Perniagaan Yang Tidak Akan Merugi Dunia & Akhirat

Salatiga, 9 April 2024 – Dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, Ustad Drs. Sugeng Riyanto, M.Pd.I, yang merupakan salah satu guru agama di SMA Negeri 3 Salatiga, memberikan ceramah yang mendalam tentang urgensi tiga pilar kandungan Al-Qur'an, yaitu akidah, ibadah, dan muamalah.

Dalam ceramahnya, Ustad Sugeng mengajak para jamaah untuk memahami betapa pentingnya menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. "Al-Qur'an bukan hanya sekadar bacaan, tetapi juga petunjuk hidup bagi umat Islam," ujar Ustad Sugeng.

Menurut Ustad Sugeng, akidah merupakan dasar utama dalam beragama. Akidah adalah keyakinan yang kokoh kepada Allah SWT. "Tanpa akidah yang kuat, ibadah dan muamalah kita tidak akan mendapatkan keberkahan," tambahnya.

Selain akidah, Ustad Sugeng juga menekankan pentingnya ibadah. Ibadah adalah manifestasi dari akidah yang kuat. "Ibadah adalah buah dari pohon akidah. Semakin kuat akidah seseorang, maka ibadahnya pun akan semakin baik pula," jelas Ustad Sugeng.

Ibadah dalam Islam tidak hanya terbatas pada salat dan puasa, tetapi juga meliputi ibadah hati dan ibadah lisan. "Zikir, syukur, dan membaca Al-Qur'an adalah contoh dari ibadah hati. Sedangkan berdakwah dan berbuat baik kepada sesama adalah contoh dari ibadah lisan," tuturnya.

Ustad Sugeng juga menyoroti pentingnya muamalah, yaitu interaksi antar manusia. "Muamalah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ajaran Islam. Kita harus berinteraksi dengan sesama manusia dengan penuh kebaikan," ucapnya.

Dalam muamalah, Ustad Sugeng menekankan pentingnya tolong-menolong dalam hal kebaikan. "Mari kita tolong-menolong dalam kebaikan, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW," imbuhnya.

Ustad Sugeng mengakhiri ceramahnya dengan harapan agar umat Islam dapat memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup yang akan membawa kita kepada keberkahan dunia dan akhirat," pungkasnya.

Dengan penjelasan yang mendalam dan penuh hikmah dari Ustad Sugeng Riyanto, diharapkan para jamaah dapat lebih memahami urgensi tiga pilar kandungan Al-Qur'an tersebut dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga ceramah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh umat Islam. πŸ•ŒπŸ“ΏπŸ“–πŸ™πŸ˜‡

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar