Serah Terima Kembali Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Salatiga TA 2023/3024 Dilaksanakan Secara Sederhana

SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan kegiatan serah terima kembali siswa kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 pada Rabu, 8 Mei 2024 di Aula Smantisa. Prosesi ditandai dengan penyerahan kembali perwakilan dua orang siswa-siswi oleh Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. kepada orang tua siswa yang diwakili Ketua Komite Drs. Muh Nasiruddin. Serah terima ini disaksikan oleh seluruh alumni, orang tua yang hadir, komite sekolah, guru dan karyawan, serta perwakilan OSIS dan MPK. 

Sebelumnya dalam laporannya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Inti Artini Palupi, S.Pd., M.Si., melaporkan bahwa pada 2024 ini sebanyak 399 siswa SMA 3 Salatiga lulus 100 persen. Terdiri dari 202 siswa program MIPA, 165 siswa program IPS, dan 32 siswa program Bahasa. Dari 399 orang itu, menurut data terakhir, 86 di antaranya telah dipastikan diterima di berbagai perguruan tinggi negeri. 

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya, Drs. Suyitno menyampaikan apresiasinya kepada para guru dan karyawan, komite sekolah, dan orang tua siswa yang sudah turut serta berpartisipasi dalam mengantarkan kelulusan para siswa. Namun demikian, Kepala Sekolah menyatakan bahwa kelulusan siswa dari SMA 3 bukan akhir dari kesuksesan, melainkan sebagai awal untuk meraih cita-cita di masa depan. 

"Jika kalian di masa depan nanti karier kalian bisa melebihi Bapak/Ibu gurumu,  itu merupakan kebanggaan bagi kami sebagai guru pada kalian. Dan itu juga merupakan harapan dari orang tua kalian agar kalian bisa sukses di masa depan, menjadi kebanggaan orang tua," ujar Drs. Suyitno. 

Dalam kesempatan itu, sekolah juga memberikan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Di bidang akademik, sekolah memberikan penghargaan kepada tiga besar lulusan terbaik masing-masing program yang berhasil memperoleh nilai tertinggi. Untuk program MIPA, nilai tertinggi berturut-turut diraih oleh Wenie Dianing Ayomi, Adelia Dewi Adinda Putri, dan Julia Nur Fadilah. Ketiganya dari kelas XII MIPA 1.

Sementara untuk program IPS, tiga besar dipegang oleh Maida Mutiara Ardien (XII IPS 2), Ester Devina Anugrah Hyang (XII IPS 1), dan Sandhika Cesar Kurniawan (XII IPS 1). Dan untuk program Bahasa diraih oleh Athaya Farizqy Ramadhina, Cindy Atiana Cahyarani, dan Daniel Micky Adi Saputra. 

Selain itu, sekolah juga memberikan penghargaan kepada siswa yang sudah memastikan diri diterima di perguruan tinggi negeri. 

Di bidang non-akademik, penghargaan yang diberikan kepada siswa didominasi oleh para siswa atlet SMA 3 Salatiga yang telah menorehkan prestasi, baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. 

Penghargaan untuk para siswa berprestasi ini diberikan oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite, dan para wakil kepala sekolah. Saat menerima piagam penghargaan, para siswa didampingi orang tua masing-masing. 

Di penghujung acara, siswa kelas XII yang baru saja menyandang predikat alumni SMA 3 memberikan hiburan kepada hadirin dengan acara yang bertajuk serba-serbi alumni 2023/2024. Persembahan ini mampu menghibur segenap yang hadir.

Meskipun dilaksanakan secara sederhana atau serba minimalis, serah terima alumni yang berlangsung selama tiga jam sejak pukul 8.30 ini berlangsung lancar dan mendapat antusiasme dari alumni dan orang tua.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar