Termasuk Mengurangi Stres, Inilah 5 Manfaat Peregangan

 

Pagi hari ini bapak ibu guru SMANTISA melakukan peregangan sebelum memulai WFO. Peregangan diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain bermanfaat untuk mengawali aktivitas, peregangan memiliki 5 manfaat jika rutin dilakukan. Berikut ini penjelasannya

Membantu bergerak lebih baik

Peregangan memungkinkan kita untuk memiliki rentang gerak dan mobilitas yang baik. Peregangan yang dinamis dianjurkan untuk meningkatkan suhu tubuh dan fleksibilitas sendi. Sementara peregangan statis lebih baik untuk mengakhiri latihan atau pendinginan. 

Memicu berpikir dan bertindak cekatan

Meski beberapa menit melakukan peregangan dapat meningkatkan aliran darah melalui seluruh tubuh, termasuk otak. Ini akan membantu kita tetap semangat.

Lentur bergerak tanpa sakit

Peregangan dapat menurunkan tensi otot dan sendi yang kaku. Karenanya, penting untuk melakukan peregangan dengan benar. Hindari peregangan statis, pilih peregangan yang fokus pada mobilitas seperti mengangkat bahu, membelokkan pergelangan tangan dan mengangkat lutut.

Mengurangi kemungkinan jatuh

Ahli syaraf berpendapat  bahwa peregangan dapat membantu koordinasi otot halus yang berarti dapat membantu kita menghindari terjatuh karena bisa menyeimbangkan diri.

Mengurangi stres

Peregangan dapat membantu meredakan ketegangan baik fisik maupun mental karena, meregangkan otot-otot yang kencang membuat kita merasa lebih rileks. Tapi ingat, jangan memaksakan peregangan berlebihan karena bisa membuat kita kesakitan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar