SMA 3 Salatiga Mengadakan Workshop Pemanfaatan Tik dalam Pembelajaran

 

Bidang Kurikulum SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan “Workshop Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran dan Evaluasi bagi Guru” pada Senin-Selasa, 18-19 Oktober 2021. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Smantisa itu menampilkan narasumber Kepala Cabang Dinas Wilayah V Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dr. Sadimin, S.Pd., S.Sos., M.Ipem., M.Eng. dan Kepala BPTIK Disdikbud Jawa Tengah Dr. Siswanto, M.Pd. beserta tim.

Dalam paparannya, Sadimin lebih menekankan pada regulasi pembelajaran kaiatannya dengan TIK di tengah pandemi dan tantangan zaman. Dikatakannya, TIK itu sangat penting dalam pembelajaran. Apalagi di tengah masa pandemi ini. Hal ini dapat dilihat dalam sistem pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah V yang saat ini sedang berlangsung.

Sadimin bersyukur bahwa pelaksanaan PTM di Cabdin Wilayah V sejauh ini tidak menemukan kendala yang berarti. Namun begitu, ayah tiga orang anak ini berpesan agar pelaksanaan PTM Terbatas yang juga sedang dijalankan di SMA 3 Salatiga tetap dilaksanakan dalam koridor prokes yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Pada kesempatan yang sama, Siswanto mengajak para guru dapat memotivasi diri dengan keluar dari zona nyamannya. Guru dapat membuat terobosan yang dapat membuat kegiatan pembelajaran tetap menarik meski dilakukan dalam jarak jauh sekalipun.

Siswanto yang telah menulis buku materi fisika SD hingga SMA lebih dari 50 judul ini lantas mengajak peserta workshop mempraktikkan salah satu media interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi https://www.classpoint.io/
Peserta dibagi dalam kelompok kecil untuk praktik pembuatan video pembelajaran yang menarik. Para peserta tampak antusias mengikuti paparan materi narasumber meski kegiatan workshop dilaksanakan selepas jadwal kegiatan PTM Terbatas.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar