Guru SMA Negeri 3 Salatiga Mengikuti Sosialisasi Kurikulum Prototipe

 

Seluruh guru SMA 3 Salatiga mengikuti kegiatan Sosialisasi Kurikulum Prototipe yang diselenggarakan oleh Bidang Kurikulum pada Jumat siang, 21 Januari 2022 di Aula Smantisa. Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong diberlakukannya kurikulum ini secara nasional pada 2024.

Narasumber Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. menjelaskan bahwa latar belakang diberlakukannya kurikulum ini lantaran adanya loss learning karena pandemi. Sebagai bagian dari mitigasi learning loss, sekolah diberi opsi untuk menggunakan Kurikulum Prototipe 2022 yang berfokus pada penguatan karakter dan kompetensi mendasar. Saptono Nugrohadi menambahkan bahwa Kurikulum Prototipe 2022 melanjutkan arah pengembangan sebelumnya.

Kurikulum Prototipe 2022 memiliki 2 karakteristik utama yang mendukung pemulihan pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia; gotong royong; kebinekaan global; kemandirian; nalar kritis; kreativitas).

Fokus Kurikulum Prototipe 2022 adalah pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Kurikulum prototipe memiliki Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teach at the right level) dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

"Jadi, pembelajaran pada Kurikulum Prototipe 2022 ini berbasis projek," papar Saptono Nugrohadi.

Sebelumnya, dalam arahannya kepada peserta Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. menegaskan bahwa dengan adanya perubahan penerapan kurikulum mestinya cara mengajar guru juga berbeda.

"Jangan sampai kurikulum sudah berganti macam-macam tapi saat guru masuk kelas hanya menyuruh siswanya mengerjakan soal dalam LKS," terangnya.


Karena itu, Kepala Sekolah mengajak kepada Bidang Kurikulum untuk mengagendakan kegiatan sosialisasi kurikulum prototipe ini tiap Jumat. Harapannya, pada Februari nanti SMA 3 Salatiga sudah menentukan pilihan kurikulum yang akan digunakan.

"Februari nanti kita sudah harus bisa memilih kurikulum mana yang akan digunakan SMA 3," jelasnya.



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar