Rakor Ujian Sekolah Tingkat Cabdin V di SMA 3 Salatiga

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V (Cabdin V) menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan ujian sekolah bagi peserta didik SMA dan implementasi kurikulum merdeka tahun 2022 di Aula Smantisa pada Kamis, 24 Maret 2022. Rakor yang diikuti oleh seluruh kepala SMA negeri dan swasta dari wilayah Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten ini dibuka secara resmi oleh Kacabdin Dr. Sadimin, S.Pd., M.Eng. Sedangkan untuk narasumber, Cabdin V yang dalam penyelenggaraan rakor ini bekerja sama dengan SMA 3 Salatiga menghadirkan enam orang pengawas SMA

Dalam sambutannya, Sadimin mengatakan bahwa waktu dimulainya ujian sekolah (US) di Cabdin V disepakati pada 28 Maret.

"Waktu dimulainya ujian sekolah di Cabang Dinas wilayah V disepakati pada 28 Maret. Ini untuk mapel atau bidang studi yang sama. Namun untuk sekolah swasta yang terdapat mapel ciri khusus, dapat memulai lebih awal," tandasnya.

Ditambahkannya bahwa pos US untuk segera dibuat masing-masing sekolah dan untuk dilaksanakan segera.

Menyinggung implementasi kurikulum merdeka (IKM), Sadimin membeberkan bahwa selama pandemi (covid) ternyata ada hikmahnya, yaitu lahirnya inovasi-inovasi pembelajaran dari para guru.

Baca juga : Karakter Siswa Kita Perbaiki, Prestasi Kita Tingkatkan

Lebih jauh dikatakannya bahwa dalam kurikulum merdeka terdapat kurikulum reguler dan project penguatan profil pelajar Pancasila.

Sebelumnya, Kepala SMA 3 Salatiga yang diwakili Kepala Perpustakaan Libsmantisa Dian Indrihartani, S.Sos., M.Pd. dalam sambutannya mengatakan rasa terima kasihnya karena dipercaya oleh Cabdin V untuk menjadi tuan rumah.

"Kami, SMA 3 Salatiga merasa tersanjung karena ditunjuk menjadi tuan rumah rakor oleh Cabdin V. Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerja sama yang solid antara team Cabdin V dan SMA 3 Salatiga."

"Harapan kami," sambung Bu Dian, "Rakor ini dapat berjalan lancar sehingga dapat mengantarkan anak didik sebagai penerima estafet untuk menjadi pemimpin bangsa."

Rakor yang berlangsung selama tiga jam sejak pukul 9 pagi dan juga disiarkan secara live streaming ini dipandu oleh pengawas SMA Wahyu Purnomo Jati. Sedangkan narasumber yang tampil ada 3 orang, yakni Harminingsih yang menyampaikan materi tentang Pos US, Maryanto yang menyampaikan materi tentang monitoring pelaksanaan US, dan Hery Wuryanto yang memaparkan IKM.

Kegiatan rakor ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Retno Wulandari, S.Pd. dan pembacaan doa oleh Sugeng Riyanto, M.Pd.I. Keduanya merupakan guru agama SMA 3 Salatiga.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar