Areal SMAN 3 Bakal Dijadikan Kebun Raya Salatiga

SALATIGA, suaramerdeka.com - SMAN 3 Salatiga merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Salatiga yang memiliki areal yang sangat luas yang memiliki aneka ragam hayati berupa pohon tanaman lainnya.

Setidaknya, di SMAN 3 Salatiga sudah ada 70 pohon dan tanaman yang terdeteksi jenis serta kemanfaatannya bagi lingkungan hidup. Keberhasilan SMAN 3 Salatiga meraih predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Jateng dan masuk nominasi Sekolah Adiwiyata Nasional, maka sekolah di Jalan Kartini itu hendak menjadi lingkungan sekolah sebagai Kebun Raya Salatiga.

''Kondisi lingkungan dan keanekaragaman yang ada di SMAN 3 Salatiga sudah layak menjadikan sekolah ini sebagai Kebun Raya Salatiga,'' kata Kepala SMAN 3 Salatiga, Drs Suyitno MPd, saat digelar seminar memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional, Senin, 30 Mei 2022.

Menurutnya, SMAN 3 juga memiliki berbagai jenis tumbuhan langka dan bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah pohon rajasa yang daunnya sedang diteliti manfaatnya oleh mahasiswa. 

Sekolah juga mempercantik dengan memangkas pohon agar lebih rapi dan menambah berbagai jenis tanaman lainnya.

''Dengan dijadikannya SMAN 3 Salatiga sebagai Kebun Raya maka secara tidak langsung mempertahankan ekosistem dan penghasil oksigen di Kota Salatiga,'' ungkap Suyitno.


Sumber : https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-043497452/areal-sman-3-bakal-dijadikan-kebun-raya-salatiga 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar