Satu Diantaranya Student Centre, Inilah Prinsip dan Manfaat P5

SALATIGA - P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini merupakan bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Salatiga. Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si., penanggung jawab implementasi P5 SMA Negeri 3 Salatiga menjelaskan bahwa P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5.

P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila.

"sasaran kompetensi P5 mempertimbang faktor internal atau faktor eksternal. Sebagai contoh faktor internal yang dipertimbangkan adalah ideologi, sementara contoh dari faktor eksternal adalah tantangan di era digital," jelas Saptono

Melalui P5 SMA Negeri 3 Salatiga berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.

"Jika visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila, maka Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila," kata Saptono.

Prinsip P5 

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menjelaskan bahwa dalam melaksanakan P5 harus berpegang pada prinsip eksploratif, student centre, kontekstual serta holistik. Prinsip eksploratif adalah prinsip yang berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang bagi proses pengembangan diri dan inkuiri, baik terstruktur ataupun bebas. P5 memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi peserta didik, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran. Prinsip eksploratif juga berupaya mendorong peran P5 untuk menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang didapatkan peserta didik dalam peserta didikan intrakurikuler.

Prinsip selanjutnya adalah prinsip yang menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran yang aktif. Dengan prinsip ini, diharapkan pendidik dapat mengurangi peran sebagai aktor utama dalam kegiatan belajar mengajar. P5 menjadikan pendidik sebagai fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk bereksplorasi dari dorongan diri sendiri sesuai kondisi dan kemampuannya.

Kontekstual adalah prinsip yang berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ini memotivasi pendidik dan peserta didik agar dapat menjadikan lingkungan dan realitas kehidupan sebagai bahan utama pembelajaran. Satuan pendidikan berperan sebagai penyelenggara kegiatan projek profil harus membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat bereksplorasi di luar lingkup satuan pendidikan.

Holistik adalah prinsip yang memandang segala sesuatu secara keseluruhan atau terpisah-pisah. Kerangka berpikir holistik yang ditanamkan dalam P5 akan mendorong peserta didik untuk mempelajari tema dan materi secara keseluruhan dan memahami persoalan secara mendalam. Karenanya, setiap tema dalam P5 cenderung menjadi wadah dari berbagai perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu. Prinsip holistik juga memotivasi peserta didik agar dapat melihat koneksi yang bermakna antar komponen dalam pelaksanaan P5, seperti peserta didik, pendidik, dan sebagainya.

Manfaat P5

P5 memberikan ruang bagi seluruh anggota satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan profil pelajar Pancasila. P5 memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi setiap pihak. P5 menjadikan sekolah sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat. 

"Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya. P5 memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila. Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran," kata Dr. Saptono.

Manfaat yang dirasakan siswa adalah P5 memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila. Terutama karena P5 SMA Negeri 3 Salatiga merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. Selain itu P5 mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran. Berikut ini tanggapan siswa selengkapnya  

Diadakan lagi tapi dengan tema yang berbeda
lebih baik lagi dan lebih kompak lagi
Masukkan dari saya adalah pembuatan seni visual mural ini sangat kreatif dan juga mempertambah sifat keakrab pan sesama teman sekelas
Sudah sesuai dengan tema
Sangat bagus
Tidak ada
Lebihhhh semangat
Mantap
Pemasukannya saya kegiatan ini sangat menarik
Kegiatan ini sangat menarik 
Sangat menyenangkan dan bermanfaat
Ketersediaan barang
ya
Keter sediaan barang
sebaiknya gambar lebih kebudaya tdk yang biasa
Sangat bagus, karena bisa belajar untuk bergotong royong dan membuat siswa menjadi kreatif 
Sangat menarik, karena membuat kita menjadi kreatif.
Objek menggambarnya lebih banyak,serta motif gambar yang lebih menarik.
gada
ga ada
Diharapkan kedepannya kegiatannya lebih menarik dan variatif.
Jadwal pembuatan muralnya dibuat lebih tertata
Jadwal pembuatan mural lebih tertata
Jadwal mengecat mural dipersiapkan dengan lebih tertata 
Semoga lebih kreatif 
Belum ada
Masukkan saya adalah agar pembuatan seni mural ini lebih diintensifkan dengan perancangan kegiatan yang baik,mulai dari pembuatan jadwal yang relevan dan lebih tertata dan persiapan alat bahan yang baik.selain itu di sma n 3 salatiga ini masih banyak tembok - tembok yang perlu dibuat seni mural agar menambah kesan yang indah pada tembok di smantisa.yang saya sayangkan dalam pembuatan mural ini adalah pelaksanaan pagelaran seni mural yang belum matang ,karena banyak tembok tembok seni mural yang belum jadi dan belum melalui finising atau proses akhir sehingga seni mural kurang maksimal,salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu intensif dalam pelaksanaannya.
Kedepannya lebih tertata, agar tidak ada murid yang menganggur dan semuanya bekerja
kuasnya banyakin lagi pak maaf🙏🙏 dan warnanya kurang bervariasi 
Kalo bisa satu sekolah digambar in biar keliatan seger 
penjelasan tentang tugas² yang lebih jelas dan mudah dimengerti
-
Sebaiknya sediakan kuas yang kecil untuk mewarnai yang di tepi. 
Sangat menyenangkan
sblm di lukis tmbok ny diamplas terlebih dahulu 
Mungkin gambar nya bisa lebih menarik 
sebaiknya sebelum dilukis tembok nya di amplas terlebih dahulu
Bagus dan menyenangkan
Warnanya kurang banyak
Saya berharap untuk gambar gambar mural nya berbeda beda tema setiap kelas agar terlihat beragam, terimakasih 
Kembangkan area untuk pengaplikasian moralnya dan ketersediaan sarana juga dilengkapi
lebih baik bunga2 yang besar dihilangkan, diganti dengan bunga2 yang lebih kecil
Jangan terlalu banyak lukisan bunga yang besar-besar, lebih baik jika lukisan pemandangan alam, seperti gunung, sungai, hutan.
Tambahin kuas
Persiapan lebih dimantapkan, misalnya kapur sudah disiapkan, kuas diperbanyak. Selain itu juga untuk sketsa, mungkin lebih bervariasi temanyaa, tidak selalu tentang alam.
bagus
Bagus
Kuas kecilnya ditambah agar ketika melukis pada bagian yang sempit tidak kesulitan karena menggunakan kuas yg besar
Sebaiknya sebelum di lukis, temboknya di amplas/di bersihkan terlebih dahulu, karena tembok yang ingin di cat sudah kotor dan pecah-pecah.
memperbanyak tempat untuk mural 
Gambarnya di perbanyak lagi 
Pelaksanaan pembuatan seni mural ini sudah bagus, dapat bermanfaat untuk memperindah dinding di SMANTISA serta maksud dari sketsa flora dan fauna pada mural dapat mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar dari sampah.
Gambar lebih berinovasi
Sebelum mengecat, seharusnya pata murid diajarkan cara mengecat yang benar
tolong diajarkan untuk menggambar dan menggradasi
diajakkan melukis terlebih dahulu dan menggradasi serta
diajarkan melukis terlebih dahulu dan meng gradasi
diajarkan cara melukis terlebih dahulu
diajarkan melukis terlebih dahulu 
Memberi pengajaran tentang cara melukis
Tidak ada
tolong diajarkan untuk menggambar dan menggradasi
Masukan saya adalah disediakan koran di bawah dinding yang akan dilukis, supaya cat tidak berceceran di lantai.
Sudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompak
Keren
lebih baik kalo lebiih sering dilakukan
Semangat terus untuk membangun masa depan
Baik
Menarik
Agar memiliki pedoman dan penuntun hidup
Keren
Sangat membantu kerjasama antar teman kelas
tidak ada 
Sudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompak
Menurut saya, pelaksanaan sudah bagus. Mungkin penyediaan alat dan bahan yang kurang.
Tidak ada
Keren
lebih di terapkan lagi
Keren
Gambarannya lebih bervariasi lagi dan menarik
Tidak ada masukan
lebih menambah kan variasi dan tema dalam lukisan
Gambarannya lebih bervariasi lagi. 
tidak ada masukan
Alat untuk mengecat dioerbanyak, agar semua murid dapat ikut mengecat tembok
bagus, karena dpt mrlatih gotong royong antar teman
Lebih banyak tema lukisan
memberikan jadwal yang lebih pasti
Semoga yang lain bisa lebih bekerjasama
tidak ada 
Gambar bervariasi
gambarnya bervariasi
Sebaiknya perlengkapan untuk mengecat diperbanyak agar semua siswa dapat ambil bagian untuk mengecat mural
gambar bervariasi 
tempat yang lebih dekat dengan kelas
lebih menambahkan variasi dan tema dalam lukisan
keren dan bagus 
Kita harus menyiapkan alat dan bahan
Sering melakukan lagi
sangat kreatif karna dengan mural tembok yang kusam menjadi indah
Baik 
Mengadakan basar
Lebih seru lagi 
keren
sudah sangat baguss
Tidak ada
Sangat Bagus,Indah, Bersih, dan Menarik
Bagus dan menyenangkan
Baik
Lebih menyenangkan lagi dengan membuat hiburan dan gambaran lebih modern sehingga memiliki daya tarik tinggi
Lebih di tingkat kan lagi 
Masukan dari saya yaitu agar memilih objek  melukis yang lebih memilih nilai seni atau daya tarik lebih tinggi. 
Menyenangkan
mungkin motif yg di gunakan bisa di ganti dengan tema keragaman budaya indonesia seperti gambar orang yang memakai berbagai baju adat dari indonesia atau mungkin gambar pulau pulau yang ada di indonesia, atau bisa juga keragaman hayati yg dimiliki dan berasal dari indonesia.
Menambah orang untuk mengajari melukis
Lebih baik ke dpn nya 
Sangat bermanfaat 
semoga kedepannya gambar nya lebih modern lagi 
baik
Sebaiknya diperbagus lagi dan yang sekarang bagus
Lebih di perbanyak jam kosong nya:)
Menyenangkan
tidak ada 
mungkin gambar bisa diganti dengan gambar keragaman indonesia. 
gambar lebih banyak macamnya
Menambah alat untuk mengecat
Menyenangkan
tidak ada
Lebih bermanfaat
Gambarnya tidak hanya flora fauna
project ini menyenangkan dan dapat menambah pengalaman peserta didik 
Untuk siswa diharapkan bisa berpartisipasi semua jangan hanya sebagian.
Mantap 👍🏻
kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mempererat tali pertemanan antarkelompok
Kedepannya semoga ada lagi dan lebih seru
Kedepannya semoga ada lagi dan lebih seru
Mungkin ke depannya bisa ditambah ornamen-ornamen lainnya agar lebih berwarna dan bevariatif, semoga di lain waktu kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali.
Tidak ada, saya rasa ini sudah cukup menyenangkan untuk pengalaman membuat sebuah seni
_--_-___-_-_-_-_-Lain kali jangan sampai menghalangi tugas/pekerjaan mapel lain, lebih memperhatikan perilaku murid, dan mungkin lebih baik kegiatan yg lebih bermanfaat.-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_- 
Dapat meningkatkan kerja sama bersama teman teman 
Dengan adanya P5 ini kita bisa meningkatkan kerja sama,gotong royong.
melukis mural seruuu
Di lukis gambar gambar yang lebih unik unik lagi
Bagus
Melatih kreatifitas
tidak ada
semoga kedepanya untuk P5 lebih baik lagi
Semoga ke depan nya P5 lebih baik
semoga untuk P5 berikutnya lebih 
Membuat mural sebagai P5 bisa menambah kreativitas oleh karena itu membuat mural sangat bermanfaat.
sangatt seruu 
Semoga kedepannya P5 lebih baik lagi
Semoga kedepannya P5 lebih baik lagi
Mengadakan basar
Pelatihan seperti ini harus sering diadakan
Menurut saya jika hendak melukis mural siswa membawa baju bebas dari rumah agar jika tercoret warna tidak apa apa.
semoga kedepannya ph lebih bermanfaat lagi
Sudah bagus
direncanakan dengan rapi terutama di perhitungan waktu dan pengerjaan saat jam pelajaran
Tambahkan warna dan gambar yang menarik.
sudah bagus, kedepannya mungkin dapat diterapkan lagi karena dengan adanya seni mural ini lingkungan sekolah terlihat lebih beragam dan indah
Bagus
Gada masukan
Sudah bagus tingkatkan lagi
Pelatihan seperti ini harus sering diadakan
Tempatnya 
tema untuk mural lebih kreatif lagi
Lebih ter koordinasi lagi
pengecatan di bagi dua kelompok agar tidak bertabrakan karna saat sy mengecat td sngat berantakan sekali, misalnya sebagian anak ada di kelas dan sebagian anak yg harus mengecat di luar
Masukan saya untuk pelaksanaan membuat seni visual mural clings sebagai p5 adalah kegiatan ini adalah harusnya disediakan koran untuk melapisi lantai agar cat tidak berceceran dilantai
Masukan saya adalah disediakan koran di bawah dinding yang akan dilukis, supaya cat tidak berceceran di lantai.
Sudah baik dalam melaksanakan kegiatan mural ini, 1 kelas sudah kompak
Lebih diterapkan lgi agar murid" tau manfaat membuat mural
Menurut saya lebih terkoordinasi lagi
sudah baik, tetapi penempatan kode warna kurang tepat sehingga bingung untuk mengecatnya.
Semoga lebih menarik lagi, dapat mempererat persaudaraan dengan saling melengkapi antara melukis.
Semoga bisa lebih terkoordinasi lagi dalam pelaksanaan membuat seni visual mural 
semoga dapat lebih terkoordinasi
Tidak ada
Membuat seni visual mural membuat orang lain bisa berkreatifitas dengan baik.
Alangkah sebaiknya di dampingi oleh wali kelas masing-masing kelas
Lebih banyak ada kegiatan melukis di tembok,supaya bakatnya makin tertanam 
Masukkan saya  Tetap menjadi toleransi 
Kuasnya tolong di tambah 
sejauh ini tidak ada
gambar lebih bervariasi
Sangat menyenangkan
Menyenangkan
Gambar bisa diganti dengan keberagaman Indonesia
Banyakin lagi tembok yang di lukis
Menyenangkan
Tahun depan adakan lagi
Sketsanya bisa lebih bervariasi.
tidak ada karena sudah sempurna
Tidak ada saya sudah cukup puas, hanya saja waktu sedikit terlalu mepet untuk pengerjaan
Masukan saya adalah memulai P5 sesuai jadwal 2 minggu, karena kemarin kelas saya hanya 1 minggu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar