Gudep Kamajaya Kamaratih Mengadakan Long March SMANTISA

Kegiatan Pramuka atau kepanduan merupakan salah satu wadah yang tepat untuk melatih kepemimpinan ( leadership) dan membentuk karakter kaum muda. Karena itu, pengkaderan Pramuka di suatu sekolah perlu dilakukan agar eksistensinya tetap terjaga.

Menyadari hal itu, senyampang pembelajaran sudah dilakukan secara tatap muka, bidang kesiswaan SMA Negeri 3 Salatiga melalui Gugus Depan 01.015/01.016 Ambalan Kamajaya Kamaratih mengadakan penerimaan anggota Ambalan yang bertajuk Long March Smantisa (LMS) pada Sabtu, 10 September 2022.

LMS ini melibatkan seluruh siswa kelas X yang akan dilantik sebagai anggota Ambalan Kamajaya Kamaratih, dewan Ambalan kelas XI dan XII, serta beberapa guru pembina pramuka dan guru pendamping.

Memang, selama 2 tahun pandemi kegiatan LMS sempat vakum. Meski begitu, pengukuhan anggota Pramuka Kamajaya Kamaratih tetap dilakukan secara daring dan terbatas di dalam lingkungan sekolah.

Semula, kegiatan LMS ke-28 ini akan dilaksanakan seperti yang sudah biasa dilakukan, yakni mengambil start dari SMA 3 dan finish di lokasi yang ditentukan. Namun, setelah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang, start LMS dimulai dari lapangan Gendongan, Salatiga dan berakhir di bumi perkemahan Senjoyo. 

Adapun rute yang harus dilalui peserta LMS dari pukul 07.30 - 14.00 ini meliput : Lapangan Gendongan Kelurahan Ledok Argomulyo, Ngaglik, Jurang Gunting, Tegalsari, Kradenan, Legok, Tingkir lor, Cengek,  Payaman, Gubuk Tegalwaton, Bumi Perkemahan Senjoyo.

Dalam kegiatan LMS ini, para peserta dibagi menjadi beberapa regu. Mereka tampak bersemangat dan gembira menyusuri rute yang sudah ditentukan. Di tiap pos, mereka akan diuji oleh dewan ambalan. Materi uji meliputi pengetahuan akan kepanduan, uji keterampilan, juga uji halang rintang. 

Di bumi perkemahan Senjoyo itulah seluruh peserta dikukuhkan sebagai anggota ambalan Gudep Kamajaya Kamaratih yang berpangkalan di SMA Negeri 3 Salatiga.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar