Wacana

Oh, hari ini aku sedih sekali. Hal itu bermula ketika aku tanpa sengaja menumpahkan minuman seorang kakak kelas. Aku segera minta maaf, tapi dia sangat marah lalu memukulku. Dan hari ini, ia kembali mengejekku.

“Ada apa, sayang? Ayo ceritakan kepada ibu.” tanya ibu dengan lembut. Aku segera menghapus air mata. Akhirnya aku ceritakan semua masalah itu kepada ibu.

Kata ibu, beliau khawatir jika aku dirundung. Ibu menjelaskan perundungan adalah tindakan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang atau kelompok untuk menyakiti fisik atau psikologis orang lain.

“Lalu, darimana ibu tahu bahwa aku adalah korban perundungan?” tanyaku heran. Ibu tersenyum dan berkata bahwa beliau mengamati perubahanku beberapa hari ini, seperti enggan ke sekolah, tiba-tiba menjadi pendiam, pemurung dan mudah tersinggung, aku menutup diri dan tampak sedih, prestasi menurun, sering mengamati luka, baju sobek atau barang hilang. Ya, memang ada luka memar di pipiku. Ternyata itu semua adalah tanda-tanda korban perundungan.

“Perundungan ini harus dihentikan dan kamu harus mengambil tindakan!” Ucap ibu tegas. Apa yang harus aku lakukan?

Ibu mengatakan bahwa aku sebaiknya terbuka kepada orangtua. Karena orangtua sangat menyayangi kita dan mereka akan membantu kita. Ya, aku percaya kepada orangtuaku.
Ibu memintaku untuk melaporkan kepada guru.
Hindari pergi sendirian. Ya, besok aku akan bersama dengan teman-temanku yang baik dan menyenangkan.
Aku harus berani dengan berjalan tegak jika bertemu dengan pelaku perundungan, lalu segera pergi menjauh.
Aku tidak boleh membalas dan segera pula melaporkan kepada orang dewasa jika melihat teman lain menjadi korban perundungan.
Aku akan melakukan semua nasehat ibu. Aku harus berani melindungi diri sendiri. Esok hari, tidak ada lagi yang boleh menyakitiku.
Ayo, teman-teman, kita setop perundungan!

Refleksi

Mengapa Ibu mengatakan kalau aku adalah korban perundungan?

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Soal 4. Mengapa Ibu mengatakan kalau aku adalah korban perundungan?
. Jumlah jawaban: 557 / 683 jawaban yang benar.

Bagaimana cara menghadapi perundungan? Berilah tanda centang (V) pada jawaban yang benar?

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Soal 5. Bagaimana cara menghadapi perundungan? Berilah tanda centang (V) pada jawaban yang benar.
. Jumlah jawaban: 498 / 683 jawaban yang benar.

Anak laki-laki dalam infografis tersebut menggambarkan seseorang yang mengalami perundungan. Apa yang harus dia lakukan untuk menghentikan perundungan fisik terhadap dirinya?Berilah tanda centang (V) pada jawaban benar.

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Soal 6. Anak laki-laki dalam infografis tersebut menggambarkan seseorang yang mengalami perundungan. Apa yang harus dia lakukan untuk menghentikan perundungan fisik terhadap dirinya?Berilah tanda centang (V) pada jawaban benar.
. Jumlah jawaban: 470 / 683 jawaban yang benar.

Menurutmu infografis dalam teks tersebut sudah tepat atau belum? Berilah tanda centang pada jawaban yang benar!