Pj. Walikota Membuka Secara Resmi Smantisa Cup I

Smantisa Cup I memperebutkan piala bergilir Walikota Salatiga dibuka secara resmi oleh Pj. Walikota Salatiga Sinoeng Rachmadi Nugroho pada Sabtu pagi, 15 Oktober di lapangan utama SMA Negeri 3 Salatiga. Peresmian ditandai dengan penyerahan piala bergilir kepada Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd.

Selain itu juga ditandai dengan pelepasliaran burung perkutut oleh Walikota didampingi oleh Kepala Dispora Drs. Muh Nasiruddin, Kepala Sekolah, Kepolisian, dan beberapa asisten.

Sebagaimana diketahui, Smantisa Cup berupa turnamen bola voli antarpelajar SMA/MA sederajat se-Jawa Tengah berlangsung selama dua hari, 15-16 Oktober. Smantisa Cup memperebutkan piala bergilir Walikota Salatiga dan uang pembinaan Rp 7, 5 juta. Selain itu, juara 1 sampai 4 team putra dan putri akan mendapatkan piala dari Ketua DPRD Salatiga.

Dalam sambutannya di upacara pembukaan itu, Sinoeng memompakan semangat kepada peserta. Dikatakannya bahwa hanya orang yang semangatlah yang akan berbahagia. 

Diingatkan Sinoeng, agar para peserta menjaga sikap sportivitas.

"Hormati lawanmu, hormati wasitmu, dan yang terpenting hormati hormati pelatihmu untuk masa depan gemilang."

Hal ini dikatakan Sinoeng mengingat ada beberapa atlet yang kariernya hancur gara-gara tidak memiliki karakter yang baik. 

"Bagaimana cara menyikapi kekalahanmu, bagaimana cara menyikapi kemenangan, itu yang akan menentukan karakter seseorang," sambungnya. 

Ditegaskannya bahwa kesuksesan tidak akan mampu mengubah watak seseorang, tapi menunjukkan watak asli seseorang."

"Kamu boleh bersedih, kamu boleh jatuh, tapi jangan menyerah," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu Sinoeng juga menambah sumbangan Rp 1 juta untuk team terbaik. 

Sementara untuk menandai dimulainya laga Sinoeng secara simbolis melakukan pukulan servis di lapangan A yang mempertemukan team putra SMAN 1 Pegandon Kendal melawan SMAN 1 Ampel. Berdasarkan drawing yang dikirimkan panitia turnamen, pada hari pertama akan berlangsung 12 laga penyisihan team putra dan putri di dua lapangan. 

Di lapangan A, lapangan utama, selain team putra yang berlaga perdana usai upacara pembukaan, juga akan mempertemukan team putra SMAN 3 Salatiga vs SMKN 2 Salatiga, SMKN 1 Tengaran vs SMAN 13 Semarang, dan SMK IT Benindo Grobogan vs SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. 

Sementara team putri yang terjadwal berlaga di lapangan A adalah SMKN 1 Tengaran vs SMAN 13 Semarang, dan SMK IT Benindo Grobogan vs SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.

Di lapangan B yang menjadi satu dengan lapangan tenis dan basket, untuk team putra terjadwal SMAN 1 Tengaran vs SMK Muhammadiyah 07 Wonosegoro, SMAN 1 Pabelan vs SMAN 1 Salatiga, SMAN 2 Salatiga vs SMAN 1 Wonosegoro, dan SMK Muhammadiyah Salatiga vs MAN 2 Semarang.

Sedangkan untuk team putri, di lapangan B terjadwal SMAN 1 Ampel vs SMAN 13 Semarang, dan SMA Kristen Satya Wacana Salatiga vs SMAN 1 Tengaran. Team Putri SMA Kristen Satya Wacana saat ditanya team media Smantisa mengenai peluangnya dalam laganya di Smantisa Cup I ini belum dapat memastikan karena belum mengetahui kekuatan lawannya.

"Ya, kami hanya berdoa semoga bisa menang," kata mereka menjelang upacara pembukaan. 

Apalagi diakuinya bahwa mereka tidak bisa rutin latihan tiap hari. "Kami persiapannya selama dua minggu. Itu pun cuma Sabtu dan Minggu karena Senin-Jumat untuk belajar," kata mereka.

Pada hari kedua, Minggu, 16 Oktober akan dilangsungkan laga perempat final, semifinal dan final di dua lapangan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar