PSN 3M Plus : Aksi Nyata JUMANTIK SMANTISA

SMA Negeri 3 Salatiga membuat Aksi Nyata PSN 3M Plus dan Pencanangan Bangga sebagai Jumantik Sekolah, di ruang Edutainment mulai Kamis 12 Desember 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran warga SMA Negeri 3 Salatiga untuk bersama-sama melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan metode 3M Plus, yaitu Menguras tempat penyimpanan air, Menutup tempat penampungan air, Mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang tidak terpakai yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, Plus menghindari gigitan nyamuk dengan memakai anti nyamuk oles dan memakai kelambu.

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan itu adalah Wahyu Hudoyoko, S.K.M., M.P.H. pakar Penyakit Menular DKK Salatiga.

"Gerakan ini penting mengingat lingkungan sekolah yang banyak kebun (hutan sekolah) dan tak jarang menjadi sarang nyamuk DBD. Terlebih saat musim penghujan," terangnya.

Penyakit DBD merupakan emerging disease karena cepat menyebar dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. DBD bisa dicegah diantaranya melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus dilingkungan SMA Negeri 3 Salatiga.

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Kedua nyamuk tersebut sangat mungkin berkembang biak di genangan air bersih yang ada di lingkungan sekitar sekolah.

Pada kesempatan itu Dewanto Tandyo, AMK Ahli pemberantasan nyamuk DKK Salatiga menjelaskan bahwa ciri-ciri nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus adalah aktivitas nyamuk pada pagi dan sore hari, tubuhnya kecil dengan belang-belang putih. Bahayanya terhadap orang yang digigit apabila tidak cepat ditangani bisa menimbulkan kematian. Sebab sejauh ini belum ada obat dan vaksin untuk mengobati dampak yang ditimbulkan dari gigitan kedua nyamuk tersebut.

"Cuaca di SMA Negeri 3 Salatiga cenderung lembab, hal ini memungkinkan kedua jenis nyamuk tersebut menggigit pada siang hari," katanya.

Nah, sangat penting bagi SMA Negeri 3 Salatiga untuk melakukan gerakan Setiap Kelas Punya JUMANTIK, yang memastikan bahwa kelas-kelas SMA Negeri 3 Salatiga bebas jentik nyamuk. Berikut ini adalah tanggapan peserta Aksi Nyata PSN 3M Plus dan Pencanangan Bangga sebagai Jumantik Sekolah

Disediakan snack Bagus Tidak nice Edukatif Keren bagus bagus Great Keren menambah wawasan Bagus menambah wawasan jentik dan nyamuk Baik sekali mantulπŸ€ŸπŸ‘ tidak ada Tidak ada penyampaiannya dibuat lebih menarik kembali, agar yangain lebih memperhatikan Tidak ada Pelaksanaan Jumantik ini terlaksana dengan baik dan mudah dipahami. - sudah baik dan dapat dipahami Bermanfaat menambah wawasan menambah wawasan jentik dan nyamuk Perwakilan kelas yang dari organisasi seperti ketua kelas dan anggota lainnya dan kalau bisa siswa kelasnya. Kalau bisa yang ikut acara ini anggota organisasi kelas saja sebaiknya pelaksana memastikan bahwa memilih siswa seperti ketua kelas Menambah wawasan beri konsumsi lbih menarik lg Bagus melakukan pemeriksaan, dan pemberani jentik nyamuk Keren tingkatkan lagi🀘🀘🀘🀘😸😸😘😘😘😘😘 mantap - Pelaksanaan jumantik sangat baik dilaksanaakan di SMA 3 hal ini mengingat bahwa kawasan di SMA 3 yang lembab dan memungkinkan adanya genangan air yang dapat menjadi media siklus metamorfosis nyamuk . Untuk itu agar setiap kelas mempunyai perwakilan² yang dapat menjadi petugas jumantik dan membentuk jadwal mingguan dalam pemantauaan jentik nyamuk serta kegiatan 3M plus , selain itu perlu adanya penanaman tumbuhan dengan aroma yang tidak disukai oelh nyamuk , misalnya sereh , levender dan lain lain, pada lahan yang lembab atau tempat pembiakan nyamuk . Selain dilakukan aksi pencegahan kita juga harus mulai berinovasi untuk membuat produk yang dapat mengusir nyamuk dengan bahan alami ,aman dan baik untuk lingkungan . Saya rasa itu pendapat yang saya dapat sampaikan ,terimakasih Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Untuk pelaksanaan Jumantik ini semoga kedepannya bisa lebih baik. Sudah bagus


#P5Tema2 #bangunlahjiwaraganya #diferensiasi #smantisa #hebatsemua

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar