Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMA 3 Salatiga

 

Sebagai implementasi kurikulum merdeka (IKM) SMA Negeri 3 Salatiga yang dimotori bidang kurikulum menyelenggarakan kegiatan P5 tema 2 Bangunlah Jiwa dan Raganya pada 12 - 15 Desember 2022. Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Edutainment dan diikuti siswa yang juga merupakan kader kesehatan ini menampilkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga. Materi yang disampaikan oleh para ahli dari DKK Salatiga sangat bervariasi.

Pada hari pertama, Senin, materi yang disampaikan oleh Wahyu Hudoyoko, S.K.M., M.P.H. biro Penyakit Menular DKK Salatiga tentang pemantauan jentik nyamuk. Materi ini penting mengingat lingkungan sekolah yang banyak kebun (hutan sekolah) dan tak jarang menjadi sarang nyamuk. Terlebih saat musim penghujan.

Hari kedua, Selasa, tentang makanan dan kantin sehat. Materi yang disampaikan oleh ahli dari DKK Salatiga Asfiyah S.K.M., M.Kes. ahli pelatihan Penjamah Makanan Siap Saji ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah akan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman sehat, baik dibeli di kantin sekolah maupun yang dibawa dari rumah.

Hari Rabu 14 Desember 2022, materi Trias UKS yang disampaikan oleh Sunaryo Sidono, S.Kep., M.Kes Pemberdayaan Kesehatan DKK Salatiga mengenai cara mengelola Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang baik agar dapat memberikan layanan yang baik bagi warga sekolah.

Hari Kamis 15 Desember 2022, materi PIK-R tentang kesehatan remaja. Hal ini penting mengingat usia siswa SMA merupakan usia remaja yang harus memahami pentingnya menjaga kesehatan. Termasuk masalah kesehatan reproduksi remaja.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar