Aksi Bergizi di Sekolah Bersama Detektif Kantin SMANTISA

SALATIGA – SMA Negeri 3 Salatiga mulai 13 Desember 2022 melakukan rangkaian Aksi Bergizi di sekolah. Salah satu kegiatan Aksi Bergizi adalah Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA. Pada BIMTEK itu hadir sebagai narasumber adalah Asfiyah S.K.M., M.Kes. ahli pelatihan Penjamah Makanan Siap Saji dari DKK Salatiga. Kegiatan tersebut dihadiri siswa siswi yang tergabung dalam komunitas belajar DeKa atau Detektif Kantin SMA Negeri 3 Salatiga.

Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian warga sekolah dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang sehat. Melalui Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA ini peserta dibekali materi tentang keamanan pangan kantin sekolah dan materi pendampingan pengawasan keamanan makanan di kantin sekolah.

Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA semakin menarik saat peserta diberikan pengetahuan tentang pengamatan dan uji sederhana /rapid test adanya bahan pewarna berbahaya pada pangan yaitu Rhodamin B, Methanil Yellow, Formalin. Untuk pangan yang mengandung Rhodamin B (krupuk) bisa dilakukan dengan penyinaran dengan lampu UV, jika positif maka warna merah pada krupuk akan berpendar (menyala).

Peserta Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA juga langsung diajak melakukan sidak kantin sekolah dan berdialog dengan Penjamah Makanan Siap Saji kantin SMA Negeri 3 Salatiga. Materi dialog dengan penjamah makanan terkait sanitasi dan higiene Tempat Pengolahan Makanan (TPM) ini dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan makanan Kantin SMA Negeri 3 Salatiga sehingga tidak mengakibatkan bahaya dan penyakit pada warga sekolah.

Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA ini diharapkan dapat menambah pengetahuan warga sekolah tentang pentingnya keamanan pangan serta mampu menerapkan pola hidup PATUH. PATUH adalah akronim dari Periksa kesehatan secara rutin, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat, Tetap aktivitas fisik dengan aman, Upayakan diet sehat dan gizi seimbang, Hindari asap rokok, minuman beralkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Selain meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga sekolah dalam mengatasi bahaya P5 (Pewarna, Pemanis, Pengawet, Penyedap dan Pengenyal) dalam makanan, melalui Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA ini pula warga sekolah diharapkan dapat melindungi diri dari makanan yang tidak memenuhi ketentuan dan cerdas dalam memilih pangan yang aman.

Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Bimtek Hidup “PATUH” Bersama Detektif Kantin SMANTISA terbukti dengan tanggapan sebagaimana tertera berikut ini

sudah bagus Sudah bagus, mungkin bisa diberi video agar lebih menarik. sangat bagus tidak ada masukan semua sudah cukup Bagus, menyenangkan ruangan terlalu kecil Sudah bagus dan bermanfaat. Agar mengetahui mutu makanan - Bagus Bagus Seperti dikasih file tentang materi nya agar perwakilan nya bisa lihat dan mengingat lagi. keren - Sip bsk lagi ada snacknya ya pak/bu🙏 Tidak ada, kegiatan orientasi detektif kantin ini sangat bermanfaat. bagus emmm.. belom ada Sudah cukup pentingnya untuk mengetahui tentang pemilihan makanan yang sehat Pentingnya untuk mengetahui pemilihan makanan yang sehat pentingnya untuk mengetahui cara memilih makanan yg sehat Sudah bagus, dan semoga kedepannya juga lebih bagus lagi. Belum ada seru, menambah banyak wawasan mengenai makanan yang sehat Penyampaian orientasi detektif kantin ini sudah cukup jelas dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang makanan yang ada di sekitar. Sangat mengedukasi sekali karena kita bisa lebih jeli dan lebih teliti dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh dan kesehatan kita. ketika menjelaskan lebih baik dijelaskan kesimpulannya dan contohnya saja Sangat mengeduksi untuk siswa dalam memilih makanan di kantin. menjelaskan secara singkat saja Sudah sangat mengedukasi dan sangat membantu dalam memilih makan sehat

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar