SMA Negeri 3 Salatiga Melaksanakan Upacara Memeringati Hari Bela Negara ke-74

Warga SMA Negeri 3 Salatiga melaksanakan upacara bendera dalam rangka memeringati Hari Bela Negara ke-74 pada Senin pagi, 19 Desember 2022. Upcara ini untuk menindaklanjuti surat edaran dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V nomor 420/CABDINV/5101/XII/2022 tertanggal 17 Desember 2022 tentang Upacara Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022.

Upacara ini diikuti seluruh guru dan karyawan serta sebagian siswa karena siswa sudah memasuki libur semester. Bertindak sebagai pembina upacara Dra. Siti Nur Handayani yang membacakan sambutan Presiden RI. Sedangkan petugas upacara adalah anggota paskibra SMA 3.

Dalam amanatnya, Pembina upacara mengatakan bahwa upaya bela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Dikatakannya bahwa seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan dalam membela negara. Juga memiliki daya tangkal yang tinggi mengingat tantangan yang semakin kompleks.

“Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negera.”

Ditambahkannya bahwa nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban demi bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.

“Jadikan hari ini (red, hari bela negara) sebagai momentum bagai kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.”

Sebelumnya, dalam urutan upacara, petugas upcara membacakan ikrar bela negara. Adapun isi lengkap ikrar bela negara adalah sebagai berikut.

Kami warga negara indonesia, menyadari sepenuhnya bahwa, dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa demi kelangsungan hidup negara kesatuan republik indonesia, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku:
1. Mencintai tanah air
2. Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara
3. Setia pada pancasila sebagai ideologi negara
4. Rela berkorban bag! Bangsa dan negara
5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Upacara bendera di pagi yang cerah ini berlangsung tertib dan khidmat. Usai upcara, pimpinan sekolah melalui wakil kepala bidang kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd. menyampaikan apresianya kepada para siswa karena meski libur sekolah, tapi mau meluangkan waktunya untuk datang ke sekolah demi mengikuti upacara.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar