Mantap, di Awal Tahun 2023 Siswa-Siswa SMA Negeri 3 Salatiga Berhasil Menorehkan Prestasi Tingkat Kota hingga Tingkat Asia Tenggara!

 

Tidak kurang sebanyak 16 piala dan medali diserahkan para siswa kepada sekolah pada upacara bendera hari Selasa, 17 Januari 2023 di lapangan upacara. Para siswa ini berhasil menorehkan prestasi terbaiknya baik di tingkat Kota Salatiga, Provinsi, Nasional, bahkan di tingkat Asia Tenggara.

Di tingkat kota, misalnya. Fransisca Sherlyta Kusuma meraih juara 3 Pesparani Solo Vocal . Di tingkat kota, misalnya. Fransisca Sherlyta Kusuma meraih juara 3 Pesparani Solo Vocal . Kemudian team yang terdiri dari M. Afsar Tambawang, Priangga dan Tiara Dita Faustina berhasil menjadi juara 3 pengelolaan sampah. Grup band Sempiternal berhasil menjadi juara 1 lomba band UKS dan juara 1 lomba band Smanda.

Di tingkat provinsi, Fransisca Sherlyta Kusuma berhasil keluar sebagai juara 1 Solo Vocal piala Dirut KAI Wisata Provinsi Jawa Tengah. Team bola basket SMA 3 berhasil menjadi juara 3 yang disselenggarakan di Al-Irsyad.  Team bola voli putri Smantisa Iconic dan team putra Smantisa Mahameru sama-sama menyabet juara 2 Rektor USM.

Team Futsal putra juga berhasil menjadi juara 2 tingkat provinsi Jateng. Sedangkan team Soccer berhasil menjadi juara 1 pada Al-Irsyad Game.

Masih di tingkat Provinsi. Rr. Azizah berhasil meraih medali perak pada kejuaraan taekwondo piala Walikota dan pada kejuaraan yang sama Dewa Fortuna Laksamana Bintang meraih medali perunggu.

Di bidang akademik, Maylani Tazkia (XII MIPA 2) berhasil meraih medali emas kompetisi Garuda Sains Indonesia bidang Biologi Tingkat Provinsi.

Di tingkat nasional, kembali Maylani Tazkia menorehkan prestasi yang membanggakan. Dia sukses meraih medali emas olimpiade bidang kimia.

Sedangkan di tingkat Asia Tenggara, atlet anggar putri SMA 3 Salatiga, Ayudea (XII MIPA 6) berhasil menggondol 2 buah medali perunggu untuk kategori dagen putrid an dagen putri senior.

Piala dan medali yang berhasil diraih para siswa itu diserahkan kepada sekolah yang diterima secara langsung oleh Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd, dan seluruh Wakil Kepala Sekolah. Waka Humas Amelia Handayani Widiasih, Waka Manajeman Mutu Surpriyatin Widodo, Waka Sarpras Budi Utami, dan Waka Kesiswaan Agus Nugroho berturut-turut menerima piala dan medali tersebut.

Wujudkan Janji Siswa

Sebelumnya, dalam amanatnya, Drs. Suyitno menyampaikan bahwa kedisiplinan siswa perlu ditingkatkan lagi karena waktu pelaksanaan upacara terlambat 8 menit.

“Upacara hari ini masih terlambat 8 menit. Ini artinya, kedisiplinan masih perlu ditingkatkan,” tegasnya.

Dikatakannya juga bahwa mulai Januari 2023 petugas kebersihan di SMA 3 mengalami pengurangan, dari semula 14 orang menjadi 7 orang sehingga kebersihan lingkungan kelas menjadi tanggung jawab siswa. Hal ini agar selaras dengan janji siswa butir ke-8 yaitu ikut menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. Bahkan untuk melecut kepedulian para siswa, Drs. Suyitno menegaskan bahwa ke depan akan diumumkan kelas terbersih dan terkotor saat upacara.

Menyusul demi mewujudkan janji siswa butir ke-9, yaitu meningkatkan prestasi, tambah Kepala Sekolah, maka siswa kelas XII harus bisa meningkatkan disiplin diri saat belajar di dalam kelas. Dengan demikian, para siswa dapat menyelesaikan seluruh pembelajaran dan serangkaian ujian dengan prestasi yang baik. 

Sedangkan kepada siswa kelas X dan XI dipesankan oleh Drs. Suyitno agar mereka menyiapkan diri sebaik-baiknya meski waktu belajar relatif lama karena untuk meraih prestasi dibutuhkan waktu yang tidak sekejap.

“Tetaplah semangat belajar. Gapailah cita-citamu agar masa depanmu lebih baik lagi,” pungkasnya mengakhiri amanatnya.

Upacara yang berlangsung di pagi yang cerah itu berlangsung khidmat dan lancar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar