Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Salatiga Mengadakan Pameran Gelar Karya P5 Tema 2

Sebanyak 12 stand pameran meramaikan gelar karya P5 tema 2 "Bangunlah Jiwa dan Raganya" pada Jumat, 20 Januari 2023 di Aula Smantisa. Ke-12 stand ini merupakan stand dari 12 kelas X. Banyak produk yang dipajang dan dijual. Ada olahan makanan dan minuman, sablon, kerajinan tangan, video pendek, dan masih banyak lagi.

Gelar karya P5 yang dimulai sejak pukul 7 pagi hingga menjelang salat Jumat ini diawali dengan senam bersama di lapangan utama yang melibatkan seluruh warga sekolah. Ada tiga senam yang dilakukan, yaitu senam profil pelajar Pancasila, aerobik, dan flash mob.

Ketua panitia Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, dalam laporannya mengatakan, gelar karya P5 fase E tema 2 ini melibatkan seluruh siswa kelas X. Tak kurang sebanyak 408 siswa terlibat langsung dalam gelar karya ini. Menurut Saptono, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dimulai dengan memahami P5 Tema 2 mulai bulan Agustus 2022 dengan produknya adalah Modul P5 Tema 2. Kemudian menyiapkan ekosistem mulai bulan September 2022. Selanjutnya dilanjutkan dengan mendesain P5 Tema 2 mulai bulan Desember 2022 dan mengelola P5 Tema 2 di Desember 2022 sd Januari 2023. Seluruh produk pada tiap-tiap tahapan dipanen dalam Gelar Karya P5 Tema 2 di Aula sekolah 20 Januari 2023. 

Untuk mendukung tema, pihak sekolah juga menggandeng PMI dalam bakti sosial donor darah, Kllinik gigi Smile Dental Care milik alumni SMA 3 Salatiga untuk konsultasi kesehatan gigi, dan Puskesmas Sidorejo Lor untuk konsultasi penyakit tidak menular. Tidak ketinggalan UKS dibawah komando Dwi Hartati, S.Pd. & Yunita Paulina Pita, S.Pd. bersama kader PMR melakukan pemeriksaan golongan darah dan Pemeriksaan Hemoglobin pada seluruh siswa kelas SMA Negeri 3 Salatiga.

Demo para atlet beladiri SMA 3 Salatiga di lapangan utama pun ikut mendukung tema 2 gelar karya ini. Ada lima jenis beladiri yang unjuk kebolehan, yaitu pencak silat, karate, judo, taekwondo, dan Wushu.

Kegiatan pameran gelar karya P5 ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMA 3 Salatiga Drs. Suyitno, M.Pd. yang didahului pengalungan selempang dan penyematan pin kepada duta dan kader kesehatan SMA 3 Salatiga.

Dalam sambutannya di depan pengunjung dan tamu undangan, Drs. Suyitno mengatakan bahwa gelar P5 baru dimulai untuk kelas X yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka. Bahkan khusus untuk gelar karya tema 2, sampai saat ini, terangnya, di wilayah Kota Salatiga, baru SMA 3 Salatiga yang menyelenggarakannya.

Kepala sekolah juga mengharap masukan berupa saran dan kritik dari orangtua demi peningkatan mutu untuk gelar P5 tema 3 "kewirausahaan" yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

"Kami berencana, karena tema 3 nanti adalah kewirausahaan, kami akan menggandeng orangtua siswa," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak-Ibu guru yang sampai malam hari memantau kegiatan siswa kelas X untuk merampungkan persiapan stand.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua siswa yang telah sudi meluangkan waktu untuk menyaksikan gelar karya P5 tema 2 ini," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu OSIS SMA Negeri 3 Salatiga didampingi Waka Kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd. juga menyampaikan sumbangan dan donasi untuk korban Semeru. Sumbangan diserahkan secara langsung kepada perwakilan PMI Kota Salatiga.

Susana pameran bertambah meriah dengan penampilan dua band siswa yang selama ini malang melintang mengikuti beberapa ajang festival band belajar. Pengunjung yang terdiri dari warga sekolah dan orangtua siswa tampak antusias mengunjungi stand-stand pameran.


Baca juga : Dokumentasi Folder 1 , Dokumentasi Folder 2, Dokumentasi Folder 3

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar