SMA Negeri 3 Salatiga Menguatkan Siswa Eligible

SALATIGA – SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Masuk Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang sebelumnya dikenal dengan SNMPTN pada Rabu, 11 Januari 2023 di Aula Smantisa.

Sebanyak 150 siswa eligible yang terdiri dari 82 siswa MIPA, 55 siswa IPS dan 13 siswa Ilmu Bahasa beserta orang tua siswa mendapatkan penguatan dari sekolah guna memanfaatkan peluang melanjutkan pendidikan di PTN melalui SNBP.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. mengatakan, kegiatan menghadirkan siswa eligible bersama orang tua merupakan upaya sekolah bekerja sama dengan orang tua untuk mendorong para siswa melanjutkan pendidikan ke PTN.

Sebagai informasi, siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP

"Pertemuan ini sangat penting, utamanya bagi orang tua, sehingga ada harmonisasi antara siswa, orang tua dan sekolah," tegasnya.

Sebagai narasumber, pihak sekolah menghadirkan Drs. Kunto Sustyawan,.M.Pd. yang malang melintang sebagai pembina KIR tingkat nasional dan banyak mengantarkan para siswanya yang berasal dari SMA Negeri Teras Boyolali menembus berbagai PTN.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, keempat siswa yang telah diantarkannya menembus PTN melalui jalur prestasi dan saat ini masih kuliah di berbagai fakultas bergengsi (Andika-Kedokteran Unsoed, Asfiyah-Farmasi Unsoed, Cintia-Geodesi Undip dan Soga-Pertambangan UPN) ikut memberikan kesaksian (testimoni) bagaimana kiatnya lolos PTN bahkan mendapatkan beasiswa alias tidak membayar uang kuliah.

Dalam paparannya, Drs. Kunto yang telah pensiun sebagai guru sejak 6 bulan yang lalu itu memberikan trik dan strategi kepada siswa eligible dan orang tua.

"Jangan milih PTN karena ego yang tinggi, ikut-ikutan teman, atau yang dekat rumah," terangnya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi bagi siswa eligible ini, pihak sekolah, kata Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, akan segera memfasilitasi dan mengarahkan siswa eligible itu dalam tahapan-tahapan SNBP bersama pihak BK. Menukil laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ Kuota Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 SMA Negeri 3 Salatiga adalah 40 % (MIPA 82, IPS 55, Bahasa dan Budaya 13)

Ditegaskan oleh Dr. Saptono bahwa setelah ditiadakannya Ujian Nasional maka untuk mengukur salah satu keberhasilan SMA 3 adalah seberapa banyak jumlah siswa yang diterima di PTN.

"Sekali lagi, untuk mengukur salah satu indikator keberhasilan SMA Negeri 3 Salatiga adalah seberapa banyak jumlah siswa yang diterima di PTN," pungkasnya

Kegiatan yang melibatkan bidang kurikulum, BK, kesiswaan, dan Humas ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para siswa dan orang tua. Buktinya, meski acara yang berlangsung hampir 3,5 jam sejak pukul 8 pagi ini usai, tapi masih banyak orang tua dan siswa yang berkonsultasi dengan pihak sekolah.

Baca juga : List of 100 best universities in Indonesia https://edurank.org/geo/id/

Diinformasikan bahwa jadwal lengkap SNPMB tahun 2023 jalur SNBP dan SNBT adalah sebagai berikut

Pengumuman kuota sekolah untuk SNBP: 28 Desember 2022
Uji coba registrasi akun SNPMB 2023: 29 Desember-31 Desember 2022
Uji coba lanjutan registrasi akun SNPMB 2023: 5-7 Januari 2023
Penutupan masa sanggah kuota sekolah untuk SNBP: 17 Januari 2023
Penetapan Siswa Eligible: 3 Januari-8 Februari 2023
Pengisian PDSS (oleh sekolah): 9 Januari-9 Februari 2023
Pembuatan Akun SNPMB untuk SNBP: 16 Januari-15 Februari 2023
Pendaftaran SNBP (oleh siswa): 14-28 Februari 2023
Pembuatan Akun SNPMB bagi pendaftar SNBT: 16 Februari-3 Maret 2023
Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret-14 April 2023
Pengumuman Hasil SNBP: 28 Maret 2022
Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 8-14 Mei 2023
Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22-28 Mei 2023
Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023
Masa Unduh Sertifikat UTBK: 26 Juni-31 Juli 2023
Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman SNPMB-BPPP, seluruh kegiatan pada jadwal tersebut akan berakhir pada pukul 15.00 WIB.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar