SMA Negeri 3 Salatiga Luncurkan Program Penilaian Sumatif Akhir Jenjang

SALATIGA, 27 Maret 2023 - SMA Negeri 3 Salatiga meluncurkan program Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Tahun Ajaran 2022/2023 untuk siswa kelas XII. Menurut Kepala SMA Negeri 3 Salatiga, Drs. Suyitno, M.Pd., program ini didasarkan pada SE Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Nomor 420/04242 tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar (Asesmen Sumatif) pada satuan pendidikan.

"Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai salah satu dasar penentuan kelulusan siswa kelas XII dari Satuan Pendidikan," jelas Suyitno.

Pelaksanaan penilaian sumatif di akhir jenjang yang diikuti oleh 205 siswa kelas XII IPA, 137 siswa kelas XII IPS dan 31 siswa kelas XII Bahasa ini bukan merupakan hari libur bagi peserta didik kelas di bawahnya. Oleh karena itu, Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan penilaian sumatif di akhir jenjang maupun penilaian sumatif di akhir tahun wajib menyusun Prosedur Operasional Standar (POS).

"Pada Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Tahun Ajaran 2022/2023, diselenggarakan 2 shift, shift 1 untuk rombel XII IPA dan shift 2 untuk rombel kelas XII IPS & Bahasa. Kedua shift bergantian masuk pagi dan siang dan menempuh ujian maksimal 2 mata uji," jelas pengarah program, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si.

Siswa kelas XII dijadwalkan menempuh Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Tahun Ajaran 2022/2023 secara tertulis dari tanggal 27 Maret s/d 7 April 2023 yang dilakukan melalui portal tes online berupa Moodle yang disediakan oleh sekolah.

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. menambahkan bahwa PSAJ adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan sejak bulan Februari untuk menyiapkan ekosistem Satuan Pendidikan, mendesain kegiatan penilaian sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, observasi, tugas unjuk performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, dan membuat portofolio), atau kombinasi. Selanjutnya, program ini akan mengelola Penilaian Sumatif Akhir Jenjang dan nantinya akan dievaluasi dan ditindaklanjuti.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://s.id/Mid2023

#PSAJ2023 #PenilaianSumatif #SMA3Salatiga #PortalTesOnline #Moodle #KelulusanSiswa #SekolahMenengah #UjianAkhirJenjang #ProsedurOperasionalStandar

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar