Guru dan Tendik Ikuti Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

Sebanyak 25 guru dan tendik SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran pada Rabu, 17 Mei 2023 di laboratorium komputer dari jam 8.30 – 12 siang. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Dikbud Provinsi Jawa Tengah. Para peserta didampingi langsung oleh Tim BPTIK dan dipantau langsung oleh Kepala BPTIK Dr. Siswanto, M.Pd.

Pelatihan yang diselenggarakan di SMA 3 ini merupakan tindak lanjut dari Nota Dinas Kadinas Provinsi Jawa Tengah Nomor 015/1218 tertanggal 9 Mei 2023 perihal fasilitasi pelaksanaan podcast dan webinar di Kota Salatiga. Dalam hal ini, dua SMA Negeri ditunjuk langsung, yakni SMA 1 pada 16 Mei dan SMA 3 pada 17 Mei. 

Tampak hadir dalam pembukaan kegiatan Kepala Sekolah Dr. Suyitno, M.Pd., Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, dan Waka Humas Amelia Handayani Widiasih, M.Si.

Dalam sambutan singkatnya, Drs. Suyitno berharap para peserta dengan bekal yang diperoleh dari pelatihan tersebut dapat menularkan keterampilannya kepada sejawatnya sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SMA 3.  

Pelatihan yang diberikan Tim BPTIK ini berfokus pada bagaimana membuat video pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi cap-cut. Para peserta dilatih sejak menginstal aplikasi, mengimport video dan media lainnya, mengedit hingga mengekspornya.

Sementara Siswanto dalam materinya menjelaskan pentingnya mengapa keterampilan TIK perlu dikuasai oleh guru.

“Bapak dan Ibu adalah agen perubahan dalam pembelajaran mengingat saat ini dunia sudah memasuki era 4.0. Sekarang kita sudah mengenal adanya kecerdasan buatan atau yang kita kenal dengan artificial Intelelligence (AI),” papar Kepala BPTIK yang pernah menjadi Kepala SMA 5 Semarang ini. 

Dijelaskan lebih lanjut bahwa generasi yang dihadapi guru saat ini adalah generasi Z di mana mereka sejak lahir sudah melek dengan teknologi. Sehingga, jika guru masih mengajar menggunakan cara-cara “kolonial” akan semakin tertinggal. 

Untuk itulah kata Dr. Siswanto, pihaknya selalu mengadakan pelatihan kepada para pendidik. Materi-materi menarik juga dapat dilihat di Youtube BPTIK yang dapat bermanfaat bagi para siswa.

Meskipun banyak peserta belum mahir dalam mengedit video, tapi tidak menyurutkan para peserta untuk mengikuti kegiatan hingga usai.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar