Iftabi'ul Misluna : Sopo Nandur Bakal Ngunduh

Cukup menarik amanat yang disampaikan pembina upacara Iftabi'ul Misluna, S.Pd. pada upacara bendera hari Senin, 8 Mei 2023. Guru bahasa Jawa yang juga ditugaskan menjadi pembina OSIS SMA Negeri 3 Salatiga ini memulai amanatnya dengan mengutip pepatah Jawa, yaitu sopo nandur bakal ngunduh yang berarti siapa menanam akan memanen hasilnya. 

"Saya akan memulai amanat ini dengan sebuah pepatah Jawa yang sangat terkenal, yaitu sopo nandur bakal ngunduh, katanya di hadapan peserta upacara. 

Diingatkan kepada para siswa bahwa apa yang dilakukan siswa saat ini akan dituai hasilnya kelak di kemudian hari. Karena itu, dipesankannya, sesuai pepatah Jawa tersebut, para siswa diharapkan untuk tertib diri dimulai dari hal yang kecil. Misalnya, dalam upacara bendera harus mengenakan seragam dan kelengkapan yang sudah diumumkan oleh sekolah. Hal ini karena tertib berpakaian merupakan cerminan dalam menghargai diri sendiri dan orang lain. Ia pun menyentil beberapa kelas yang masih tampak belum melengkapi diri dengan jas almamater.

"Hal baik lainnya yang bisa ditanamkan pada diri sendiri adalah menghargai dan menghormati sesama teman, guru dan karyawan. Hal ini juga  perlu diperhatikan agar dapat memetik hasil yang lebih baik pula," pungkasnya.

Upacara bendera yang dihadiri kepala sekolah Drs. Suyitno, M.Pd., guru, karyawan, mahasiswa praktikan, dan seluruh siswa kelas X dan XI itu berjalan tertib dan khidmat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar