MPLS SMA Negeri 3 Salatiga Tahun 2023 Resmi Berakhir

Usai sudah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa kelas X SMA Negeri 3 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 pada siang hari ini, Kamis, 20 Juli 2023. Penutupan MPLS ditandai dengan kegiatan pentas seni dari seluruh kelas X. Para siswa yang terbagi sebanyak 12 kelas itu tampak antusias menunjukkan kebolehannya. Mereka didampingi langsung oleh pembina OSIS dan pengurus OSIS masa bakti 2022/2023.

Pada hari ketiga MPLS alias hari terakhir ini, para siswa baru mengenakan dress code putih setelah dua hari sebelumnya, yakni tanggal 17 dan 18 Juli mereka mengenakan pakaian seragam SMP. 

Pelaksanaan MPLS di SMA 3 Salatiga yang dikomandoi Bidang Kesiswaan ini mengacu pada Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 430/06310 Tahun 2023. Dalam peraturan ini ditegaskan  bahwa pelaksanaan MPLS di SMA/SMK  diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 17, 18, dan 20 Juli dengan waktu efektif 7 jam per hari. 

Sementara materi MPLS mengacu pada materi yang dikirimkan Dinas Pendidikan. Materi tersebut meliputi kepramukaan, wawasan kebangsaan dan kenegaraan, kurikulum merdeka dan cara belajar efektif, pembinaan karakter, tata krama, dan mental. Materi-materi ini disampaikan oleh seluruh wakil kepala sekolah, guru mapel Siti Nur Handayani, Kristin Yulianti, Saptono Nugrohadi, dan guru BK Puput Winarni. 

Adapun materi organisasi kesiswaan disampaikan oleh Ketua OSIS Syah Rifad dan wakilnya. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler dibawakan oleh Ketua MPK. 

Setelah mengikuti MPLS selama tiga hari, ke-432 siswa baru tersebut bakal mengikuti Masa Orientasi Pramuka (MOP) pada Jumat, 21 Juli. Dalam MOP ini, para siswa baru akan didampingi oleh pembina Pramuka Kamajaya - Kamaratih dan Dewan Ambalan SMA 3 Salatiga.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar