Drs. Suyitno: Perjuangan Masih Kita Teruskan dengan Merdeka Belajar

SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 pada Kamis pagi, 17 Agustus 2023 di lapangan utama. Tampak para guru, karyawan dan mahasiswa PPL mengenakan pakaian adat nasional sedangkan para siswa berseragam OSIS lengkap. Tepat pukul 7 pagi upacara dimulai.

Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. dan sebagai pemimpin upacara adalah Shandika Cesar Kurniawan (XII IPS-1). 

Di momen istimewa ini, Paskibra SMA 3 Pratita Wijaya yang turun dengan formasi terbaiknya, bertugas sebagai pengibar bendera. Mereka terbagi dalam tiga pasukan kecil, yaitu pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45. Pasukan paskibra dipimpin Komandan Peleton Dimas Bagus Wirawan (XII MIPA-3). 

Tiga petugas pengibar bendera berasal dari pasukan 8. Mereka adalah Zaneta Athalika Wafi (X-12) sebagai pembawa bendera, Alif Hasto Buwono  (X-2) dan M. Dhani R. (X-9) sebagai petugas pengerek bendera. 

Formasi baris-berbaris yang diperagakan anggota paskibra Pratita Wijaya yang dibina Dra. Siti Nur Handayani dan Dian Indrihartani, M.Pd. ini berhasil menyita perhatian peserta upacara.  

Sementara itu dalam amanatnya, Drs. Suyitno membacakan sambutan Mendikbudristek  yang membahas keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia dalam dunia pendidikan yang diwujudkan dengan adanya program Merdeka Belajar. 

"Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa lain, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan masih kita teruskan sampai hari ini dengan merdeka belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir," katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa layaknya perjuangan meraih kemerdekaan, merdeka belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, merdeka belajar dapat memajukan pendidikan di Indonesia karena semua warga sekolah semakin terjamin haknya untuk belajar.

Di akhir upacara, para siswa yang telah menorehkan prestasinya selama tiga bulan terakhir menyerahkan bukti prestasinya kepada sekolah.  Prestasi-prestasi itu di berhasil diraih para siswa di berbagai ajang, baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Puluhan prestasi yang diukir itu meliputi bidang akademik, olahraga, maupun seni budaya. Para siswa menyerahkan bukti prestasinya, baik berupa piala, medali, maupun piagam kejuaraan secara langsung kepada Kepala Sekolah yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd.

Terpisah, ketika ditanyakan banyaknya prestasi yang baru diserahkan oleh para siswa pada upacara HUT RI ini, Waka Kesiswaan  mengatakan, hal itu lantaran pada Juni sekolah disibukkan dengan kegiatan PPDB dan MPLS pada pertengahan Juli. Padahal, banyak even kejuaraan dan lomba yang diikuti para siswa. 

Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 yang berlangsung selama satu jam ini berlangsung tertib dan khidmat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar