SMA Negeri 3 Salatiga Menjadi Pasukan Inti Estafet Tunas Kelapa 2023

Kirab tunas kelapa yang dikenal sebagai estafet tunas kelapa tahun 2023 kwarda Jawa Tengah memasuki wilayah Kota Salatiga pada Jumat, 25 Agustus 2023 setelah sebelumnya dikirab dari Kwarcab Boyolali. 

ETK merupakan salah satu tradisi dalam gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam menyongsong HUT Pramuka setiap 14 Agustus. 

Di wilayah Salatiga, ETK dibagi menjadi dua etape. Dan yang membanggakan, Gudep 01.015-01.016 Ambalan Kamajaya-Kamaratih SMA Negeri 3 Salatiga dipercaya menjadi pasukan inti pada etape. 

Dalam surat tugas Kwarcab Kota Salatiga Nomor: 279/1132-F tertanggal 23 Agustus 2023 yang ditandatangani Ketua Harian Kwarcab Adhi Isnanto, S.Sos., M.Si. tertera sebanyak 50 anggota Pramuka SMA 3 Salatiga bertugas sebagai pasukan inti ETK. Ke-50 anggota Ambalan Kamajaya-Kamaratih itu terbagi menjadi 2 pasukan etape dengan rinciannya, 2 anggota sebagai pasukan inti bersama pasukan dari pangkalan SMK Negeri 3 Salatiga dan 48 anggota menjadi pasukan inti bersama pasukan dari pangkalan SMP Negeri 3 Salatiga. 

Adapun tempat pelaksanaan ETK yang berlangsung dari jam 7 pagi hingga 4 sore itu adalah Kantor Kecamatan Tingkir, SMP Negeri 3 Salatiga dan berakhir di SDN Kalibeji 01 Tuntang, Kabupaten Semarang. 

Jalannya Estafet
Ambalan Kamajaya-Kamaratih yang bertugas dalam kegiatan ini didampingi 12 orang pembina. Salah seorang pembina, Siti Mardiyah, S.Pd. melaporkan bahwa ETK Wilayah Kota Salatiga dimulai dari Kecamatan Tingkir dan berakhir di Lapangan Pulutan untuk selanjutnya diangkut ke Kalibeji-Tuntang, Kabupaten Semarang untuk selanjutnya estafet diserahkan ke Kwarcab Kabupaten Semarang. 

Awalnya, ETK Kwarda Jawa Tengah dari Kwarcab Boyolali disambut dan diterima oleh Kwarcab Kota Salatiga di halaman Kantor Kecamatan Tingkir.  Pasukan dari Boyolali disambut dengan pentas seni tari satriya dan kesenian angklung.

Serah terima tunas kelapa dilakukan oleh Ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana dan diterima oleh Ketua Kwarcab Kota Salatiga Kak Haris. Acara serah terima ditandai dengan penandatanganan berita acara. 

Dalam penyambutan dan serah terima ini, di lokasi kecamatan juga diselenggarakan kegiatan donor darah oleh PMI, kegiatan peningkatan literasi oleh Dinas Persipda Kota Salatiga dengan mobil kelilingnya, dan penyerahan bantuan sosial Pramuka Peduli Kwaran Tingkir kepada siswa berprestasi. 

Selanjutnya, Pasukan Inti Kwarcab Kota Salatiga menuju SMPN 3 Salatiga untuk menyerahkan estafet kepada pasukan etape 2.

Di sini Ambalan Kamajaya-Kamaratih SMA N 3 menjadi bagian pasukan inti etape 2 sebagai pembawa spanduk,  bendera dan tunas kelapa.  Pasukan inti diserahterimakan oleh Ketua Mabiran Tingkir kepada Ketua. Mabiran Sidomukti. 

Selanjutnya pada pukul 12.30 pasukan etape 2 menyusuri  Jalan Stadion, Osamaliki, Merpati,  Bangau , Abdul Syukur, Kyai Hasyim, Abdul Wahid, Imam Bonjol,  Dipomenggolo dan menuju lapangan Pulutan. 

Sampai lapangan Pulutan, pasukan diangkut sampai Desa Kalibeji dan kembali berbaris  menuju SDN Kalibeji 01 untuk diestafetkan kepada Kwarcab Kab. Semarang.

Sembari menunggu serah terima dan diestafetkan kepada pasukan Kwarcab Kabupaten Semarang, para peserta ETK disuguhi kesenian Reog dan drumb band oleh siswa SD setempat.

Pukul 15.00 pasukan ETK etape 2 dari Kwarcab Salatiga tiba di SDN Kalibeji 01 1 dan dilakukan serah terima kepada Kwarcab Kab. Semarang.  Dalam serah terima ini Kwarcab Salatiga diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga Drs. Muh. Nasiruddin selaku yang juga Sekretaris Mabicab kepada Wakil Bupati Kab. Semarang H. Basari, S.T, M.Si selaku Wakil Ketua Mabicab.

Tepat pukul 15.30 ETK dilanjutkan ke wilayah Kabupaten Semarang.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar