Pendidikan adalah Senjata Ampuh untuk Mengubah Dunia

Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah dunia dan meraih cita-cita. Demikian dikatakan Inti Artini Palupi, S.Pd. M.Si. mengutip kata terkenal dari Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dalam amanat upacara bendera pada Senin, 7 Agustus 2023 di lapangan upacara SMA Negeri 3 Salatiga. 

Di depan peserta upacara yang dihadiri para guru, karyawan, seluruh siswa, dan mahasiswa praktikan itu, Inti Artini menegaskan bahwa tidak ada jalan pintas untuk sukses. 

"Tak ada jalan pintas untuk sukses. Hanya dengan kerja keras dan belajar sungguh-sungguh kesuksesan akan terwujud," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Inti Artini yang kesehariannya ditugaskan oleh Kepala Sekolah sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum itu juga menyinggung pentingnya motivasi dalam belajar sehari-hari.

"Masa depan kita ada di tangan kita. Karena itu, belajar menjadi tanggung jawab kita," katanya.

Selanjutnya, Inti Artini mengingatkan bahwa para siswa akan menghadapi serangkaian penilaian.  Siswa kelas XII menyiapkan diri masuk ke Perguruan Tinggi, kelas XI menghadapi ANBK, sedangkan kelas X akan menghadapi tes potensi akademik.

Tak ketinggalan juga disinggung tentang karakter sopan santun. Dikatakannya bahwa sopan santun adalah cerminan nilai-nilai pribadi yang luhur.

Upacara bendera yang berlangsung hampir 45 menit di pagi yang cerah itu berlangsung tertib dan khidmat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar