Guru SMA Negeri 3 Salatiga Mengikuti Sulingjar

Sebanyak 70 orang guru SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 pada Selada, 12 September di Ruang Laboratorium Komputer 3. Sulingjar ini dilaksanakan setelah para siswa melaksanakan PTS/STS hari kedua. 

Berdasarkan jadwal yang dibagikan bidang Kurikulum, pelaksanaan Sulingjar dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dari pukul 12.30 - 14.00 dan gelombang kedua dari pukul 14.00 - 15.30. 

Dalam pelaksanaan Sulingjar ini, para guru didampingi team Kurikulum. Team membagikan kartu login Sulingjar kepada peserta untuk login ke https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login. Selain memasukkan token, peserta juga harus memasukkan data NIK dan tanggal lahir agar dapat login dan mengerjakan soal. 

Jumlah soal yang harus dikerjakan para guru peserta Sulingjar juga bervariasi sesuai paket soal yang diterima. Guru yang menerima soal paket C, misalnya. Ia harus menyelesaikan 99 soal. Sedangkan yang menerima paket A 98 soal. 

Butir soal yang ditanyakan mencakup hubungan guru dengan siswa, hubungan guru dengan pimpinan sekolah, hubungan guru dengan teman sejawat, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, pengelolaan kelas dan pembelajaran, serta  Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Sebenarnya, Sulingjar ini merupakan satu rangkaian pelaksanaan ANBK yang sudah diikuti para siswa sebelumnya, yakni pada akhir Agustus lalu. ANBK dan Sulingjar ini juga merupakan hal penting bagi satuan pendidikan guna mendapatkan progres rapor mutu pendidikan dari tahun ke tahun. 

Oleh karena itulah, pada pengarahan dan sosialisasi Sulingjar sehari sebelumnya (11/8), Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. berpesan kepada para guru agar benar-benar mencermati tiap butir soal sebelum menentukan pilihan jawaban. 

"Baca dan cermati butir-butir soal sebelum Ibu/Bapak menentukan pilihan jawaban karena hal ini akan sangat menentukan lembaga kita (SMA 3)," katanya. 

Dikatakan lebih lanjut bahwa pada tahun ini SMA 3 Salatiga mendapatkan BOSP Kinerja Rp 45 juta. 

"Jika tahun depan masih ingin mendapatkan BOSP Kinerja, tentu kita harus memperoleh rapor mutu (pendidikan) yang lebih baik lagi," tegasnya. 

Sebagai tambahan informasi, dalam jadwal AN 2023, pelaksanaan Sulingjar untuk tingkat SMA/SMK sederajat berlangsung dari tanggal 11 - 24 September. Adapun yang berhak mengikuti Sulingjar adalah seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik yang terdaftar dalam Dapodik dan EMIS. Namun begitu, hanya satuan pendidikan yang melakukan update Dapodik dalam satu tahun terakhir yang dapat berpartisipasi dalam Sulingjar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar