Menuju Sistem Informasi Sekolah Terintegrasi, SMA Negeri 3 Salatiga Menyelenggarakan IHT Tata Kelola SIM Dapodik

Selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 19-21 September 2023, Bidang Manajemen Mutu SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan IHT Tata Kelola SIM Dapodik Sekolah di Ruang Edutainment. 

Sebanyak 32 peserta tercatat berpartisipasi dalam kegiatan IHT ini. Para peserta terdiri dari seluruh wakil kepala sekolah, Kepala TU, unsur guru dan unsur tenaga kependidikan.  

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah dosen Upgris Semarang Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd. sebagai narasumber utama dan trainer nasional SMA 3 Salatiga Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd.,M.Si, sebagai narasumber pendamping. 

Narasumber utama, Dr. Ngurah Ayu, memaparkan pentingnya informasi sekolah yang terintegrasi dan bagaimana mengelolanya. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari perkembangan dunia teknologi industri yang pesat sehingga menimbulkan disrupsi dalam segenap aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. 

Untuk melatih peserta, Bu Ayu, begitu dosen Upgris itu biasa disapa membagikan lembar kerja (LK) kepada peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok bidang. 

Berdasarkan visi misi sekolah, peserta dilatih mengidentifikasi keunggulan dan kelebihan masing-masing bidang. 

Sementara Dr. Saptono dalam paparannya mengajak kepada para peserta untuk mewujudkan sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi dalam satu induk (pusat). Informasi yang terpusat itu tentu saja  berdasarkan input informasi dari  masing-masing bidang. Untuk mempermudah pemahaman peserta, Dr. Saptono mengumpamakan dengan perangkat informasi yang dimiliki salah satu gerai waralaba di Indonesia. 

Apa yang dipaparkan Saptono Nugrohadi ini menjawab keinginan Waka Manajemen Mutu Supriyatin Widodo, M.Pd.  Di awal kegiatan, Wakil Kepala Sekolah yang juga guru penjasorkes itu mempunyai target SMA Negeri 3 Salatiga mampu mewujudkan sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi. Dengan begitu, warga sekolah dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi SMA Negeri 3 Salatiga.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar