SMA Negeri 3 Salatiga Menyelenggarakan PTS/STS Semester Ganjil 2023

Selama 8 hari mulai 11 - 20 September 2023, SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester/Sumatif Tengah Semester (PTS/STS) semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024.  PTS bagi siswa kelas XII yang masih menggunakan Kurikulum 2013, sedangkan STS bagi siswa kelas X dan XI yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. 

Berdasarkan jadwal yang dibagikan bidang Kurikulum, siswa kelas X dan XI menempuh 16 mata pelajaran, sedangkan kelas XII menempuh 15 mata pelajaran. Per hari ada dua mata pelajaran yang diujikan. Peserta PTS/STS dibagi secara silang dan menempati 36 ruang. 

PTS/STS ini dilakukan secara online dengan moodle. Meski dilaksanakan secara online, tiap ruang tetap didampingi satu atau dua guru yang bertindak sebagai pengawas. 

Dari pantauan, pada hari pertama yang mengujikan matematika pada jam pertama, beberapa siswa utamanya kelas X, masih belum begitu akrab dengan moodle ini. Namun, berkat kesigapan operator moodle yang siaga di Ruang Panitia, hal itu dengan mudah dapat teratasi. Padahal,  untuk mengantisipasi hal tersebut, pada Sabtu sebelumnya, penyelenggara sudah membagikan link moodle media didik agar peserta, utamanya kelas X, dapat login pada aplikasi tersebut sehingga tidak mengalami kendala saat pelaksanaan Asesmen. Ternyata, upaya ini cukup berhasil. Buktinya, pada jam kedua para peserta dapat mengerjakan soal dengan lancar hingga selesai (mengirimkan jawaban).

Persiapan sekolah dalam menyambut pelaksanaan PTS/STS tidak hanya pada memastikan kesiapan sistem moodle.  Para siswa juga dilibatkan demi terciptanya suasana ruang tes yang nyaman. Hal ini dilakukan dengan menggerakkan seluruh siswa, guru, dan karyawan dalam kegiatan Jumat bersih di minggu sebelumya. 

Bahkan, sebagian siswa juga menyiapkan diri secara rohani untuk menyambut gelaran PTS/STS ini. Unit kegiatan kerohanian Islam SKI An-Nur, misalnya. Usai pelaksanaan salat ashar pada Jumat (8/9), pengurus dan anggota SKI menyelenggarakan kajian bersama Da'i dan Enterpreneur Ust. Samsul Arifin, ST, ME, al-hafiz, di Masjid An Nur sekaligus doa bersama demi kelancaran dalam menempuh PTS/STS ganjil tahun ini.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar