Drs. Suwarjo: Semua Akan Indah pada Waktunya

Selasa pagi, 31 Oktober 2023. Suasana cerah. Sinar matahari menghangatkan kampus SMA Negeri 3 Salatiga. Seluruh siswa tampak berjajar rapi di lapangan utama. Mereka berbaris per kelas. Sementara para guru dan karyawan tampak berjajar di depan lobi Grha Narpati. 

Para siswa dan guru tidak sedang melaksanakan upacara bendera karena sehari sebelumnya sudah melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. 

Ya, pagi itu seluruh civitas akademika SMA 3 Salatiga tengah melaksanakan semacam apel pagi. Istimewanya, apel pagi ini sengaja diadakan sebagai ajang kata pamitan Drs. Suwarjo yang sudah memasuki masa purna. 

Setelah mengabdi sebagai ASN selama 36 tahun, guru senior mapel sejarah kelahiran 1 Oktober 1963 itu akhirnya tuntas merampungkan masa baktinya. Selama 28 mengabdi di SMA 3 Salatiga setelah sebelumnya mengabdi di SMA Negeri 1 Weleri Kabupaten Kendal. 

Acara pamitan Drs. Suwarjo bersama para guru, karyawan, dan seluruh siswa ini dikemas secara sederhana. Usai Muh Sukron, M.Pd.I membacakan doa dilanjutkan pembacaan biografi singkat Drs. Suwarjo oleh sekretaris bidang Kesiswaan Deny Firianto Utomo. 

Sebelum Drs. Suwarjo menuju podium, para siswa menyanyikan lagu Hymne Guru. 

Selanjutnya, Drs. Suwarjo yang memulai pengabdiannya di SMA 1 Weleri Kendal pada 1 Maret 1988 dan sejak 1996 di SMA 3 Salatiga itu menuju podium untuk menyampaikan kata pamitan.

1. Ucapan terima kasih atas doa yg diberikan kpd saya, semoga Allah mengabulkan semua doa bapak ibu semua.

2. Saya lahir tgl 1 Oktober 1963, semoga disisa umur saya diberi kesehatan sehingga saya masih bisa bermanfaat dimanapun saya berada 

"Selama Anda menjadi pelajar, belajarlah yang baik. Manfaatkan waktu agar cita cita bisa terealisasi sesuai dengan harapan," pesannya kepada para siswa. 

"Menghadapi tantangan global, saya mengimbau kepada semuanya, tingkatkan keimanan, ibadah sebaik baiknya, raih dan tingkatkan, IPTEK agar mampu bersaing tapi imbangi dengan IMTAQ."

Drs. Suwarjo juga berpesan agar para siswa memanfaatkan waktu sebaik baiknya, baik di sekolah, masyarakat, maupun keluarga agar suatu saat bisa menjadi generasi muda yang mampu membangun diri, keluarga, Nusa bangsa dan negara. 

Kalian generasi muda buktikan bahwa kalian bisa menjadi generasi penerus yg baik  - Santai, serius, sukses

5. Kesan 

- Civitas akademika SMA N 3 semua dalam keadaan baik dan saya berharap akan selalu terus menjadi baik.

Kaitannya dengan masa purnatugasnya, Drs. Suwarjo mengungkapkan bahwa dirinya berharap selalu diberikan kesehatan dan dapat terus menjalin kekeluargaan dengan keluarga besar SMA 3 Salatiga. 

"Semua akan indah pada waktunya," begitu tuturnya. 

Guru sejarah yang berdomisili di wilayah Kalibeji Tuntang ini berharap agar dengan kurikulum merdeka bisa mengantarkan kita menjadi orang merdeka. Dia pun tak lupa mengcapkan terima kasih kepada seluruh pengurus OSIS, MPK, dan seluruh siswa atas perhatian yang diberikan kepada dirinya.

Usai sambutan Drs. Suwarjo, perwakilan siswa menyanyikan lagu Terima Kasihku (Guruku).  Dilanjutkan dengan kesan- pesan dari siswa yang disampaikan Ketua OSIS, Syah Rifad.

Dalam kesan-pesannya, selain mengucapkan selamat jalan, Ketua OSIS itu mengajak kepada seluruh rekannya untuk  menghargai semua ilmu, keterampilan yang diberikan oleh guru (Drs. Suwarjo). 

"Kita perlu mengucapkan terima kasih yang luar biasa. Ijinkan kami juga mengucapkan permintaan maaf kami.

Semoga Pak Warjo menjalani masa pensiun dengan bahagia dan penuh makna. Semoga ilmu yang Bapak berikan kepada kami senantiasa bermanfaat untuk kehidupan kami," pungkas Rifad.

Di penghujung apel, perwakilan OSIS dan MPK memberikan cenderamata kepada Drs. Suwarjo dilanjutkan ramah tamah dan foto bersama dengan guru dan karyawan serta pengurus OSIS dan MPK.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar