Merunut Perjalanan Sejarahnya, SMA Negeri 3 Salatiga Mengadakan Pameran Foto Lawas

Melengkapi gelaran Smantisa Anniversary ke-32, SMA Negeri 3 Salatiga mengadakan pameran foto lawas (jadul) pada Jumat, 6 Oktober 2023 di Aula Smantisa. Foto-foto jadul yang berhasil dihimpun Perpustakaan Libsmantisa SMA 3 ini dipajang pada papan-papan pajangan berbarengan dengan pelaksanaan Smantisa Got Talent mata lomba tari tradisional yang juga berlangsung di Aula. 

Foto-foto yang dipajang menggambarkan kondisi kompleks SMA Negeri 3 Salatiga tempo dulu saat masih bernama SPG Negeri maupun segala aktivitas di dalamnya hingga masa kini. 

Dalam penunjuk tahun, terdapat foto tahun 1975. Bahkan terdapat foto bus Esto, bus legendaris yang beroperasi di wilayah Salatiga dan sekitarnya.

Sebagai informasi, sebelum bernama SMA Negeri 3 Salatiga, kompleks sekolah menengah yang terletak di Jalan Kartini 34 Salatiga ini dulunya merupakan sekolah keguguran, SPG Negeri Salatiga. Setelah SPG resmi ditutup, maka secara resmi pada 15 Juli 1991, oleh pemerintah lembaga pendidikan tersebut diganti menjadi SMA Negeri 3 Salatiga. 

Menurut salah satu panitia, foto-foto lawas tersebut ditata berdasarkan urutan waktu mundur tahunnya. 

"Foto-foto masa kini kami taruh dekat pintu masuk (Aula), terus ke masuk ke dalam hingga tahun dulu," terangnya usai menaruh salah satu papan pajangan foto. 

Tidak hanya foto lawas yang dipamerkan. Koleksi dan barang lama perpustakaan sekolah yang selama ini ditaruh dalam kotak kaca Libsmantisa Museum Walk ikut diboyong dan dipamerkan di Aula. 

Dengan pameran foto lawas ini diharapkan para siswa SMA 3 Salatiga, para alumni, dan masyarakat umum dapat melihat perjalanan panjang SMA Negeri 3 Salatiga. Meski terbilang paling muda di antara SMA Negeri di Salatiga, sejatinya SMA 3 sudah melewati masa yang panjang.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar